Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan Lomba Desa Kabupaten Malang 2023

Bebas dari Bank Titil Antarkan Sengguruh Masuk Penilaian Visitasi Lomba Desa

Penulis : Ashaq Lupito - Editor : Yunan Helmy

13 - Mar - 2023, 09:10

Pemerintah Desa Sengguruh saat melaksanakan serangkaian kesiapan dalam rangka penilaian Lomba Desa Kabupaten Malang 2023. (Foto : Camat Kepanjen for Jatim Times)
Pemerintah Desa Sengguruh saat melaksanakan serangkaian kesiapan dalam rangka penilaian Lomba Desa Kabupaten Malang 2023. (Foto : Camat Kepanjen for Jatim Times)

JATIMTIMES - Saat ini masyarakat Desa Sengguruh, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang  telah terbebas dari jeratan utang piutang yang menyengsarakan dari bank titil.

Atas salah satu prestasi tersebut, Desa Sengguruh lolos enam besar pada Lomba Desa Kabupaten Malang 2023.

Baca Juga : Lampaui Target KPK, Kabupaten Malang Peroleh Penilaian Tinggi dalam MCP

 "Potensi di Desa Sengguruh itu ada banyak. Saat ini rata-rata masyarakat di sana sudah bisa mandiri. Beberapa potensi yang ada itu termasuk potensi BUMDes (badan usaha milik desa). Di antaranya ada huller (mesin penggilingan padi) dan bank desa," ucap Camat Kepanjen Ichwanul Muslimin.

Potensi BUMDes di bidang perbankan tingkat desa itulah yang telah mengentaskan masyarakat  Desa Sengguruh dari jeratan bank titil.

"Jadi, mirip dengan perbankan, tapi aset milik desa. Kemudian perputarannya ada yang dari nasabah, sehingga ada yang nabung, ada juga yang makai (pinjam). Perputarannya (uang, red) dari situ. Istilahnya dari kita untuk kita. Sepintas mirip dengan koperasi, tapi sebenarnya manajemennya sudah seperti perbankan," jelas Ichwanul.

Semenjak awal keberadaannya, diakui Ichwanul, bank fesa tersebut telah berbadan hukum. Sebab, masuk dalam salah satu potensi BUMDes. "Berbadan hukum. Man unitnya di bawah BUMDes," tukasnya.

Merujuk pada berbagai sumber yang dihimpun media ini, kalangan masyarakat sering mengistilahkan bank titil dengan orang atau bank berkedok koperasi yang meminjamkan sejumlah uang kepada masyarakat. Uang yang dipinjamkan tersebut dibarengi dengan bunga pinjaman yang tinggi dan terkesan tidak masuk akal. Bahkan para oknum yang terlibat dalam bank titil tersebut, saat menagih pinjaman, tidak segan-segan untuk melakukan pemaksaan dan bahkan teror.

Baca Juga : Semarak Ramadan 1444 H, Persembahan FKIK UIN Malang Sambut Bulan Ramadan 

Berkat terobosan bank desa  itulah, warga Desa Sengguruh saat ini bisa terbebas dari ancaman bank titil. Bahkan saat ini Desa Sengguruh menjadi salah satu nominasi pada enam desa terbaik pada Lomba Desa Kabupaten Malang 2023.

Sebagaimana yang telah diberitakan, saat ini tahapan penilaian Lomba Desa Kabupaten Malang 2023, terus berlangsung. Hari ini (Senin, 13/3/2023) penyelenggara lomba desa melakukan penilaian visitasi atau peninjauan lapangan.

Dalam tahap penilaian visitasi tersebut, ada enam desa yang lolos. Yakni meliputi Desa Sriginco, Kecamatan Bantur; Desa Sengguruh, Kecamatan Kepanjen; Desa Sidoasri, Kecamatan Sumbermanjing Wetan (Sumawe); Desa Pojok, Kecamatan Dampit; Desa Ngawonggo, Kecamatan Tajinan; dan Desa Landungsari, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang.


Topik

Pemerintahan Lomba Desa Kabupaten Malang Desa Sengguruh Bank Titil


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Ashaq Lupito

Editor

Yunan Helmy