Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pendidikan

39.842 Pendaftar Jalur SNBP Memilih UB

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Dede Nana

08 - Mar - 2023, 19:58

Wakil Rektor I Bidang Akademik Prof Dr Ir Imam Santoso MP (Ist)
Wakil Rektor I Bidang Akademik Prof Dr Ir Imam Santoso MP (Ist)

JATIMTIMES - Jumlah pendaftar yang memilih Universitas Brawijaya pada jalur Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP) sebanyak 39.842. 

Jumlah tersebut, dikatakan Wakil Rektor I Bidang Akademik Prof Dr Ir Imam Santoso MP akan bersaing memperebutkan 5497 kursi yang disediakan pada jalur SNBP 2023.

Baca Juga : Sebanyak 150 Warga Ring Satu Smelter Manyar Disiapkan Jadi Tenaga Kerja Kompeten di Bidang K3

Dari total 39.842 pendaftar tersebut, 67,3 persen atau sebanyak 26.814 menempatkan UB di pilihan pertama dan sebanyak 32,7 persen atau sebanyak 13.028 memilih UB pada pilihan kedua.

Lebih lanjut dijelaskan Imam Santoso dari puluhan ribu pendaftar, kebanyakan memilih lima prodi saintek. Terdapat lima prodi yang menjadi favorit para pendaftar, yakni pendidikan dokter, teknik informatika, ilmu keperawatan, farmasi, dan Ilmu gizi.

"Sedang pada prodi sosial humaniora, lima prodi yang menjadi favorit adalah psikologi, akuntansi, manajemen, ilmu hukum, dan komunikasi," jelasnya.

Pria yang juga mantan Dekan Fakuktas Teknologi Pertanian (FTP) tersebut melanjutkan, bahwa jumlah peminat yang memilih UB dipengaruhi beberapa faktor, salah satunya karena semakin banyaknya prodi yang sudah terakreditasi internasional.

Di UB saat ini sekitar 60 sampai 70 prodi telah terakreditasi internasional. Sehingga, hal ini menjadi magnet yang menarik pendaftar dan menjadi modal kuat bagi UB dari sisi kinerja.

"Selain itu, lokasi UB sangat strategis didukung dengan harga kebutuhan pokok yang terjangkau untuk kalangan mahasiswa," katanya.

Baca Juga : Kolaborasi di Ajang Mandalika Essay Competition, Mahasiswa UIN Malang Sukses Sabet Medali Perak

Namun, jalur- jalur pendaftaran yang ada di UB memiliki kuota dan kriteria tertentu. Sehingga tidak semua mahasiswa dapat diterima pada jalur mereka mendaftar.

Untuk kuota masing-masing jalur yang ditentukan UB yaitu SNBP 30 persen, SNBT 30 persen, dan Mandiri 40 sebanyak persen.

Tetapi, apabila pada jalur SNBP kuota tersebut tak terpenuhi, maka sesuai peraturan kuota yang diterima akan ditambahkan pada kuota SNBT. Begitupun pada jalur lainnya, bilamana dalam pendaftaran kuota diterima tak terpenuhi, maka ditambahkan pada jalur lainnya.

"Begitu pula jika kuota SNBT tidak terpenuhi maka akan ditambahkan pada jalur mandiri. Meskipun begitu untuk kuota jalur Mandiri tidak boleh lebih dari 50 persen," pungkasnya.


Topik

Pendidikan universitas Brawijaya seleksi nasional berbasis prestasi


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Dede Nana