Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan Lomba Desa Kabupaten Malang 2023

Peserta Lomba Desa Kabupaten Malang 2023 Bersiap Jalani Penilaian Visitasi

Penulis : Ashaq Lupito - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

08 - Mar - 2023, 19:42

Pihak penyelenggara Lomba Desa Kabupaten Malang 2023 saat melaksanakan penilaian administrasi pada beberapa waktu lalu. (Foto: Dokumen JatimTIMES)
Pihak penyelenggara Lomba Desa Kabupaten Malang 2023 saat melaksanakan penilaian administrasi pada beberapa waktu lalu. (Foto: Dokumen JatimTIMES)

JATIMTIMES - Setelah pihak penyelenggara Lomba Desa Kabupaten Malang 2023 melaksanakan penilaian administrasi, saat ini semua kecamatan di Kabupaten Malang sedang bersiap untuk menyambut penilaian lapangan atau visitasi sebelum akhirnya dilakukan uji panel dan awarding.

"Seluruh desa di Kecamatan Wajak sudah mengisi aplikasi-aplikasi yang dijadikan dalam persyaratan lomba. Saat ini kami sedang bersiap untuk penilaian di lapangan," kata Camat Wajak, Yateno saat dikonfirmasi Jatim Times, Rabu (8/3/2023).

Baca Juga : Selesai Diperiksa, KPK Sebut Eko Darmanto Miliki Hutang Senilai Rp 9 M

Secara umum, Yateno mengaku menyambut baik adanya Lomba Desa Kabupaten Malang 2023. Pihaknya beranggapan, dengan adanya lomba yang diadakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) bersama JatimTIMES Network tersebut, bisa menjadi sarana untuk menambah semangat Pemerintah Desa (Pemdes) untuk tertib dalam administrasi.

"Terkait kegiatan itu (Lomba Desa Kabupaten Malang 2023), tentunya kami sangat menyambut baik. Artinya menambah semangat kami (Pemerintah Kecamatan Wajak) dan desa untuk minimal mengisi aplikasi di desanya. Sehingga bisa tertib administrasi," ucap Yateno.

Menurutnya, dengan adanya Lomba Desa Kabupaten Malang 2023 yang mengharuskan adanya pengisian aplikasi, bisa menjadi salah satu terobosan untuk mempromosikan potensi yang ada di desa-desa. Sebab, semuanya telah berbasis digitalisasi.

"Menang atau kalah itu urusan belakangan, yang penting aplikasi yang ada dalam persyaratan dikerjakan semua, baik yang ada di dalam web atau di apkikasi itu. Sehingga semua masyarakat bisa lihat potensi yang ada di tingkat desa," imbuhnya.

Sejauh ini, dijelaskan Yateno, potensi di Kecamatan Wajak sedang dalam tahap pengembangan. Terutama di sektor pariwisata maupun Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

"Kalau potensi dari segi BUMDes rata-rata sama, bergerak di bidang perekonomian kerakyatan. Sedangkan potensi wisatanya, sudah ada beberapa yang dalam tahap rintisan dan sudah mulai dikembangkan," ungkapnya.

Dalam rangka mengembangkan potensi yang ada di Kecamatan Wajak itulah, Yateno terus mendorong Pemdes untuk bergerak ke arah digitalisasi. Sedangkan sarana yang dijadikan batu loncatan diantaranya adalah dengan mengikuti Lomba Desa Kabupaten Malang 2023.

Baca Juga : MPM Inovation Day 2023: Ajang Karyawan Unjuk Project-project Inovasi

"Mereka (Pemerintah Desa) semangat dan antusias dalam mengikuti lomba. Mereka juga terus berbenah untuk menerapkan digitalisasi. Termasuk mengisi aplikasi dari DPMD yang dijadikan persyaratan lomba. Diharapkan nantinya potensi desa itu bisa terbaca oleh IT (Informasi dan Teknologi)," tukasnya.

Sebagaimana yang telah diberitakan, Tim Penilai Lomba Desa Kabupaten Malang 2023 sudah masuk dalam tahap penilaian administrasi. Penilaian awal tersebut diantaranya didasari oleh angka yang muncul pada epdeskel atau aplikasi yang digunakan untuk mengisi Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan, guna menentukan status tingkat perkembangan desa.

Penilaian tersebut dilakukan di ruang rapat Kertanegara Pemkab Malang, Senin (6/3/2023). Tim penilai administrasi sendiri dilakukan oleh tim dari DPMD Kabupaten Malang dan tim dari JatimTIMES Network. 

Sementara itu, saat ini pihak penyelenggara juga telah menyebarkan Google Form kepada desa di setiap kecamatan yang telah berpartisipasi dalam Lomba Desa Kabupaten Malang 2023. Form tersebut yang nantinya harus diisi oleh peserta Lomba Desa. 

Perlu diketahui, Google form itu terkait dengan pemenuhan bukti pendukung terkait indikator-indikator yang ditetapkan pada Lomba Desa Kabupaten Malang 2023.


Topik

Pemerintahan Lomba Desa Kabupaten Malang kabupaten malang lomba desa


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Ashaq Lupito

Editor

Sri Kurnia Mahiruni