Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Agama

Waspadai 3 Sumber Penyakit Ini, Jangan Sepelekan 

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : A Yahya

08 - Mar - 2023, 08:35

Ilustrasi makan berlebihan (pixabay)
Ilustrasi makan berlebihan (pixabay)

JATIMTIMES - Kesehatan merupakan hal yang sangat penting bagi manusia. Bahkan, kesehatan menjadi sebuah hal yang mahal dan tak ternilai. Dengan sehat, tentu setiap aktivitas yang dilakukan dapat berjalan dengan lancar. 

Namun, tentang kesehatan ada hal-hal yang juga harus diwaspadai selain makanan yang juga menjadi sumber penyakit. Lalu apa hal itu?, simak informasinya ini yang diolah dari IslamPos.

Baca Juga : Kenali dan Ubah 3 Kebiasaan Penyebab Gaya Hidup Tidak Sehat Ini Biar Tubuh Bisa Fit

Banyak bicara, menjadi salah satu sumber penyakit. Terdapat sebuah ungkapan yang mengatakan, bahwa lidah lebih tajam daripada pedang. Dan luka pedang bisa terlihat dan mudah untuk diobati dari luar. Namun sebaliknya, luka akibat lidah karena ucapan sulit untuk terlihat. Luka tersebut tersimpan dan bersembunyi didalam hati.

Untuk itulah, mengapa banyak bicara sangat rentan untuk membuat kesalahan dan dapat menyakiti hati atau perasaan oran lain. Hadist riwayat Bukhari, Rasulullah SAW bersabda, "Barang siapa beriman kepada Allah dan hari akhir, hendaklah ia berkata yang baik atau diam".

Dan hal selanjutnya yang dapat menjadi sumber penyakit adalah banyak tidur. Tidur merupakan waktu untuk mengistirahatkan tubuh yang sangat baik. Namun, terlalu banyak tidur justru menganggu kestabilan tubuh dan malah membuat rentan untuk terkena penyakit. 

Terlalu banyak tidur membuat seseorang terkena dampak negatif, seperti mudah depresi, mengalami gangguan kesehatan pada kepala. Karena itulah, seseorang sangat dianjurkan untuk mengatur pola tidur yang sehat atau secukupnya. 

Allah SWT pun telah menegaskan dalam firman-Nya, "Dan adalah karena rahmat-Nya, Dia jadikan untukmu malam dan siang, agar kamu beristirahat pada malam hari dan agar kamu mencari sebagian karunia-Nya (pada siang hari) dan agar kamu bersyukur kepada-Nya,"(Q.S Al Qashahs: 73).

Baca Juga : Produksi Meningkat, Pemkab Kediri Bakal Gelar Kontes Gede-gedean Lele

Dan sumber penyakit yang terakhir adalah banyak makan. Makanan memang menjadi sumber energi bagai tubuh. Tetapi, terlalu banyak makanan, justru menghambat dan menganggu kesehatan tubuh. 

Berlebihan makanan justru membuat seseorang rentan terkena penyakit. Telah banyak contoh penyakit yang disebabkan karena berlebihan saat makan. Apalagi, seperti diketahui, jika lambung manusia dibagi menjadi tiga, 1/3 nya makanan, 1/3 nya minuman dan 1/3 lainnya adalah udara. 

Dan apapun hal yang sifatnya berlebihan, maka itu tidak baik.  Allah SWT berfirman dalam Al-Qur'an surat Al Araf ayat 31, "Wahai anak cucu Adam! Pakailah pakaianmu yang bagus pada setiap (memasuki) masjid, makan dan minumlah, tetapi jangan berlebihan. Sungguh, Allah tidak menyukai orang yang berlebih-lebihan".


Topik

Agama Rasulullah SAW sumber penyakit aturan makan


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

A Yahya