Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Gaya Hidup

Kenali dan Ubah 3 Kebiasaan Penyebab Gaya Hidup Tidak Sehat Ini Biar Tubuh Bisa Fit

Penulis : Nadia Azzahro Sanad - Editor : Nurlayla Ratri

07 - Mar - 2023, 08:34

Sumber : jovee.id
Sumber : jovee.id

JATIMTIMES - Gaya hidup seseorang memiliki pengaruh yang besar terhadap kesehatan. Tak sedikit anak muda hingga orang tua yang tidak memperhatikan kesehatan akibat sibuk bersekolah dan bekerja. 

Kebiasaan-kebiasaan buruk yang tidak sadar dilakukan ini bisa memicu penyakit luar hingga organ dalam. Bahkan, penyakit bisa muncul dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Berikut, daftar kebiasaan buruk yang harus dihindari.

1. Pola Tidur Tak Teratur dan Begadang

Baca Juga : Baju Oversized Lagi Hype, Semua Kalangan Gak Mau Ketinggalan!

Orang-orang yang terlalu sibuk dengan pekerjaannya, tak sedikit melupakan waktu ideal tidur yang baik. Pada umumnya, waktu ideal tidur yang baik berpatok pada pukul 22.00 - 06.00 WIB dengan waktu 8 jam. 

Tak sedikit orang tidur dengan pola terbalik, malam digunakan untuk lembur mengerjakan sesuatu, kemudian pagi digunakan untuk tidur. Kebiasaan ini dapat memicu adanya penyakit hipertensi/darah tinggi dan juga penyakit pada jantung. 

Selain itu, begadang dan kurang tidur juga berpengaruh pada wajah. Tak heran jika seseorang yang suka begadang terlihat lebih tua dan memiliki kantung mata.

2. Pola Makan Tidak Teratur

Selain kurang tidur, kebanyakan orang tidak memiliki pola makan yang baik dan teratur. Banyak orang beranggapan bahwa sarapan itu tidak perlu, padahal sarapan merupakan waktu makan yang paling penting dan juga akan meningkatkan energi tubuh untuk memulai aktivitas. 

Tak hanya itu, waktu makan yang hanya dipatok sekali sehari juga menyebabkan berbagai penyakit bermunculan seperti maag/tukak lambung dan juga gangguan pencernaan lainnya. Frekuensi makan yang teratur biasanya tiga kali sehari yaitu makan pagi/sarapan, makan siang dan juga makan malam.

3. Bermalas-malasan atau Tidak Pernah Berolahraga

Baca Juga : Irjen Kemenkeu Setujui Jika Rafael Alun Dipecat dari ASN

Salah satu pengaruh tidak sehat yaitu tidak pernah berolahraga. Dengan berbagai aktivitas sehari-hari yang menguras energi, kebanyakan orang lebih memilih untuk bermalas-malasan saja daripada berolahraga. 

Padahal dengan berolahraga, risiko munculnya penyakit akan menurun. Berolahraga tidak perlu dilakukan setiap hari, bisa saja dilakukan 3 kali dalam waktu seminggu. Aktivitas saat berolahraga pun tidak perlu melakukan kegiatan berat, bisa dengan melakukan jalan kaki, jogging/lari kecil, lompat tali hingga bersepeda.


Topik

Gaya Hidup tips hidup sehat kebiasaan tubuh fit pola makan


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Nadia Azzahro Sanad

Editor

Nurlayla Ratri