Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pendidikan

Tantangan PTKIN Mendatang Kian Ketat, UIN Malang Terus Bersiap

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

06 - Mar - 2023, 14:41

Apel rutin yang digelar oleh seluruh jajaran pegawai UIN Maliki Malang (Ist)
Apel rutin yang digelar oleh seluruh jajaran pegawai UIN Maliki Malang (Ist)

JATIMTIMES - Apel rutin digelar Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang, Senin (6/3/2023). Dalam apel itu, Ketua Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) UIN Maliki Malang, Helmy Saifuddin mengingatkan bahwa tantangan perguruan tinggi semakin ketat. 

Disampaikan Helmy, bahwa saat ini di Jawa Timur terdapat tujuh UIN yang bersaing dalam konteks akademik yang bermutu dan berkelanjutan. Hal inilah yang tentunya harus disikapi untuk terus berupaya maju menjadi yang terbaik. 

Baca Juga : Hadirkan E-Retribusi, Bank Jatim Minimalkan Kebocoran Retribusi di Daerah

 

Mau tak mau, UIN Maliki Malang harus berupaya keras dan berinovasi untuk tetap menjadi yang terbaik di tengah banyaknya UIN dan juga perguruan tinggi lainnya. 

"UIN Maliki Malang harus bisa berkompetisi karena hal ini sudah tidak bisa dielakkan lagi," paparnya.

1

Berbagai keunggulan yang dimiliki oleh UIN Maliki Malang, tentunya dapat menjadi modal untuk terus bersaing menjadi sebuah perguruan tinggi yang unggul. Untuk itulah, UIN Maliki Malang dengan segala sumberdaya yang ada harus tetap menjaga kualitas keunggulannya. 

Lebih lanjut, dijelaskannya, bahwa pengakuan dari pihak luar, tentunya sangatlah penting. Namun untuk mendapatkan recognize itu membutuhkan strategi khusus, dimana salah satunya adalah menjaga image trust UIN Malang dari masyarakat.

"Kepercayaan dari masyarakat luar itu sangat dibutuhkan agar image kampus ini bisa dikenal luas oleh masyarakat dunia," tegasnya.

Baca Juga : Soroti Banyaknya WNI yang Berobat ke Luar Negeri, Jokowi: Rp 165 Triliun Devisa Kita Hilang

 

Lebih dari itu, hal lain yang tak kalah penting adalah terkait proses publikasi kegiatan yang dilakukan kampus. Hal ini menjadi penting agar masyarakat dapat mengetahui berbagai kegiatan positif yang dilakukan kampus. Dengan begitu, tentu kampus akan jauh lebih banyak dikenal masyarakat luas, termasuk juga masyarakat asing. 

2

"Akan tetapi, publikasi ini tidak cukup hanya sekala lokal. Publikasi di website itu harus diupayakan bisa merambah hingga di kancah internasional," pungkasnya.

Kedepan, UIN Maliki Malang juga terus berkomitmen menjadi kampus unggul bereputasi internasional. Saat ini, kampus berlogokan Ulul Albab ini merupakan satu-satunya PTKIN pertama yang memiliki satker BLU dan kedepan sudah saatnya menyiapkan diri menuju kampus berbasis layanan Peguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTNBH).


Topik

Pendidikan UIN Malang Universitas Islam Negeri Malang Kampus di Malang


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Sri Kurnia Mahiruni