Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Olahraga

Tim Basket SMPN 1 Giri Putri Banyuwangi Akhiri Puasa Gelar Juara

Penulis : Nurhadi Joyo - Editor : Nurlayla Ratri

05 - Mar - 2023, 18:03

Saling jabat tangan pemain, pelatih dan official usai final putri SMP Banteng Basketball Cup 2023 di GOR Sahabat Banyuwangi (Foto; Nurhadi Banyuwangi TIMES)
Saling jabat tangan pemain, pelatih dan official usai final putri SMP Banteng Basketball Cup 2023 di GOR Sahabat Banyuwangi (Foto; Nurhadi Banyuwangi TIMES)

JATIMTIMES- Tim bola basket SMP Negeri 1 Giri Putri mengakhiri puasa gelar setelah berhasil mengungguli SMPN 2 Genteng dengan skor 63 - 38 dan menjadi juara satu Banteng Basketball Cup 2023 dalam babak final di GOR Sahabat Banyuwangi pada Minggu (05/03/2023).

Sedangkan untuk kelompok putra SMP wilayah selatan mampu menunjukan keunggulan  kualitas dengan keberhasilan  tim basket putra SMPN 1 Genteng juara satu setelah menang atas tim SMP Negeri 1 Banyuwangi dengan skor 56-25 dalam final putra.

Baca Juga : Sekber Arema dan Rumah Sedekah NU Sukses Salurkan Bantuan Korban Tragedi Kanjuruhan

Menurut Head Coach Tim basket SMP Negeri 1 Giri, Rian Hermawan salah satu kunci kemenangan anak asuhnya dalam final karena taktik dan strategi yang diterapkan di lapangan bisa berjalan dengan baik.

"Dalam dua game terakhir anak-anak mampu menjalankan instruksi pelatih dan menerapkan strategi dengan baik sehingga mampu unggul jauh dari lawan-lawannya," jelas Rian.

Pada pertandingan final putri kuarter satu,  tim SMPN 1 Giri  yang menurunkan starting five; Aishahdhany A., Chantika Arum D., Findi Artita, Nikita Adriana dan Nayla Zahira Ali mampu mengkombinasikan permainan cepat dan three point shoot (tembakan 3 angka) langsung unggul jauh 21- 6.

Pada kuarter kedua SMPN 2 Genteng yang diperkuat oleh; Alda Putri, Yasinta Dea,  Rinat Aulisari, Devi Celica dan Cherly Dwi Valentin berupaya bangkit dan mampu mengimbangi permainan tim lawan serta mampu mencetak 14 poin. Dalam kuarter ini skor sementara 36-20 untuk keunggulan  putri SMP Negeri 1 Giri.

Selanjutnya dalam kuarter tiga dan empat anak asuh Coach Rian tetap konsisten memperagakan pemain cepat dan memegang kendali permainan serta memimpin perolehan poin. Sampai permainan usai  tim SMPN 1 Giri unggul  dengan skor 63 - 38.

Sementara Head Coach SMP Negeri 2 Genteng Iwan Budiono mengungkapkan dalam final kali ini anak asuhnya harus mengakui keunggulan lawan baik dalam postur tubuh, kecepatan dan akurasi tembakan dua angka maupun three point shoot (tembakan tiga angka).

Baca Juga : Jayandaru Youth Night Paradise 2023, Asah Bakat, Talenta dan Ekspos Karya Seni Lokal Sidoarjo

"Tim kami belum ada pemain yang mampu menjadi pimpinan (leader) di lapangan yang mampu membangkitkan mental dan semangat pemain lain saat tim dalam kondisi tertinggal," jelas Iwan.

Namun demikian Iwan optimis dalam kejuaraan basket di Banyuwangi di masa mendatang pemain SMP Negeri 2 Genteng mampu bersaing dengan tim-tim lain karena rata-rata pemain yang ada saat ini kelas VII dan VIII.

Adapun data lengkap juara kelompok SMP/MTs Banteng Basketball Cup 2023 putri adalah;  Juara satu SMP Negeri 1 Giri, Runner Up  SMPN 2 Genteng. Juara 3 SMP Negeri 1 Genteng dan juara 4 SMPN 1 Banyuwangi.

Sedangkan kelompok putra juara satu SMP Negeri 1 Genteng, juara dua (Runner Up) SMPN 1 Banyuwangi, juara III SMPN Giri dan juara IV SMPK Aletheia Genteng.


Topik

Olahraga SMPN Giri Banyuwangi basket


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Nurhadi Joyo

Editor

Nurlayla Ratri