Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Hadiri Pelantikan MWC-NU Lowokwaru, Begini Pesan Wali Kota Malang

Penulis : Riski Wijaya - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

05 - Mar - 2023, 15:27

Wali Kota Malang Sutiaji saat memberikan arahan dalam pelantikan MWC-NU Lowokwaru.(Foto: Riski Wijaya/MalangTIMES).
Wali Kota Malang Sutiaji saat memberikan arahan dalam pelantikan MWC-NU Lowokwaru.(Foto: Riski Wijaya/MalangTIMES).

JATIMTIMES - Wali Kota Malang Sutiaji menghadiri pelantikan pengurus MWC-NU Lowokwaru pada Minggu (5/3/2023) siang. Pelantikan digelar di Universitas Brawijaya (UB). 

Sutiaji hadir didampingi Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Malang, Made Riandiana Kartika. Dalam sambutannya, Sutiaji menyampaikan beberapa pesan. 

Baca Juga : Tinjau Lokasi Korban Kebakaran Depo Pertamina Plumpang, Jokowi Minta Erick Thohir dan Heru Budi untuk Segera Cari Solusi 

 

Salah satunya soal penguatan ekonomi melalui Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Dimana dalam hal ini, banyak ibu-ibu yang tergabung di Muslimat NU menjadi pelaku UMKM. 

Terkait hal ini, Sutiaji berpesan agar Muslimat NU yang menjadi pelaku UMKM bisa mengurus kelengkapan administrasi usahanya. Agar usahanya bisa masuk dalam daftar e-katalog. 

Dengan masuk e-katalog, produk UMKM ini sudah dapat berpeluang untuk dibeli oleh Aparatur Sipil Negara (ASN). Bahkan juga dibelanjakan melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). 

"Supaya ada belanja yang bisa masuk ke e-katalog. Karena ada kewajiban ASN belanja di UMKM (melalui e-katalog). Termasuk dari APBD. Pangsa pasar nya NU cocok dan sesuai. Segala produk makanan dan minuman," ujar Sutiaji. 

Selain itu, Sutiaji juga berpesan agar pihak MWC-NU Lowokwaru bisa merapikan manajemen administrasi. Hal itu juga berkaitan dengan aset tanah Kota Malang yang diberikan untuk masjid. 

Terlebih, administrasi yang ia urus yakni berkaitan dengan bea perolehan hak atas tanah dan bangunan (BPHTB). Dalam hal ini, ia meminta agar segera diinventarisir untuk dapat diakomodir pembiayaannya. 

"Saya mohon biaya BPHTB nya berapa. Tolong diinventarisir. Sodorkan hibahnya saya tambah biaya BPHTB, kewajiban kami tidak bisa menghapus BPHTB, tapi biayanya berapa, administrasinya berapa, akan kami tambah dan dianggarkan," jelas Sutiaji. 

Baca Juga : Dualisme DPC HKTI Jember, Evi Lestari Pertanyakan SK M Sholeh 

 

Sementara itu, Ketua MWC-NU Lowokwaru KH. Zainal Arifin menyambut baik atas pesan dari Wali Kota Malang. Menurutnya itu merupakan kolaborasi yang bagus dari pemerintah terhadap NU. 

Untuk itu, dirinya berharap agar pesan tersebut bisa ditangkap menjadi peluang yang bisa dimanfaatkan. Terlebih agar bisa berdampak positif bagi warga NU atau bagi umat secara lebih luas. 

"Ini kan berarti ada sambutan baik dari Pemkot Malang. Itu artinya ada kolaborasi yang apik dari Ulama dan Umara," ujar pria yang akrab disapa Gus Zain ini. 

Termasuk di dalamnya soal pesan agar ibu-ibu Muslimat NU yang bergerak sebagai pelaku UMKM. Dimana dengan hal itu, secara tidak langsung Pemkot Malang memberi peluang bagi pelaku UMKM untuk semakin berkembang. 

"Sudah tentu itu menjadi peluang yang harus kita tangkap. Tujuannya, agar roda ekonomi perekonomian terus bergerak. Terutama agar ekonomi semakin bermanfaat bagi umat," pungkas Gus Zain. 


Topik

Pemerintahan


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Riski Wijaya

Editor

Sri Kurnia Mahiruni