Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Serba Serbi

Penjelasan Hancurnya Kota Kuno Mohenjo Daro dengan Sejenis Nuklir 3000 Sebelum Masehi

Penulis : Mutmainah J - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

03 - Mar - 2023, 09:42

Ilustrasi Kota Kuno, Mohenjo Daro. (Foto dari internet)
Ilustrasi Kota Kuno, Mohenjo Daro. (Foto dari internet)

JATIMTIMES - Mohenjo Daro adalah sebuah kota purba yang terkubur lama di lembah Indus, Pakistan sekarang. Sebab-sebab kehancuran pusat peradaban tua yang canggih ini telah diselidiki oleh para ilmuwan. 

Semua berawal dari penemuan abu radio aktif di Rajasthan, India. Tingkat radiasinya terdaftar sangat tinggi pada alat ukur penyidik. 

Baca Juga : Tingkatkan Pengunjung Museum Brawijaya, Muhammad Sukin: Ayo Anak Muda Bantu Publikasi

Akibatnya, pemerintah India menutup wilayah tersebut. Para ilmuan selanjutnya menemukan sebuah Kota Kuno dimana mereka menemukan bukti ledakan atom yang berusia belasan tahun, sekitar delapan ribu hingga dua belas ribu tahun yang lalu di sebuah situs kuno, Mohenjo Daro.

Selanjutnya, ditemukan titik panas di dekat radio aktif yang menjadi sasaran aktivitas militer. Pusat ledakan aktif berukuran 25m yard. Di tempat itu semuanya mengkristal dan meleleh. Menurut Davenport, kerusakan Kota Mohenjo Daro seperti Nagasaki-Hirosima.

Lalu, saat penggalian, Arkiolok menemukan hampir semua penduduk kota kehilangan nyawanya di jalanan, memperlihatkan skenario kepunahan serentak yang mengejutkan di masa lalu.

Tempat itu kemudian diyakini pernah dihuni sekitar empat ribu orang. Mohenjo Daro dikenal dengan kota yang makmur dan maju di jamannya yakni 3000 tahun sebelum masehi.

Berdasarkan sejarah resmi, pada tahun 1700 sebelum Masehi, kota itu ditinggalkan dan hingga saat ini tidak tahu secara pasti alasan kota tersebut ditinggalkan begitu saja. 

Dikatakan hingga sekarang, belum ada yang bisa menerjemahkan bahasa yang berasal dari peradaban Mohenjo Daro ini. 

Terkait dengan penemuan itu, para ahli menghubungkannya dengan epic Mahabarata yang berkaitan juga dengan keimanan. 

Baca Juga : Tanggal 2 Maret Hari Spesial Pecinta Kucing? Yuk Simak Sejarahnya!

Cerita tersebut diceritakan oleh akun Tiktok @SP.Historia. Akun tersebut memang kerap membuat konten soal penceritaan sejarah berdasarkan beberapa sumber yang telah terpercaya. 

Cerita soal Kota Mohenjo Daro ini kemudian mendapat banyak sekali komentar dari warganet, yang mengatakan jika sejarah Kota Kuno itu terdapat dalam beberapa buku di sekolah.

"Mahenjo daro dan harappa ada dibuku sejarah smp?," tulis @alfa

"benar ini kisah mahabarata," tulis @VF F.


Topik

Serba Serbi Mahenjo Daro kota kuno purbakala sejarah


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Mutmainah J

Editor

Sri Kurnia Mahiruni