Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Dinas PU Bina Marga Jatim Ungkap Kendala Proses Pembersihan Material Longsor

Penulis : Tubagus Achmad - Editor : A Yahya

01 - Mar - 2023, 19:41

Kepala UPT Pengelolaan Jalan dan Jembatan (PJJ) Dinas PU Bina Marga Provinsi Jawa Timur Malang Agus Hari Purnomo saat ditemui di lokasi longsor di Desa Sukomulyo, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, Rabu (1/3/2023). (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)
Kepala UPT Pengelolaan Jalan dan Jembatan (PJJ) Dinas PU Bina Marga Provinsi Jawa Timur Malang Agus Hari Purnomo saat ditemui di lokasi longsor di Desa Sukomulyo, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, Rabu (1/3/2023). (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)

JATIMTIMES - Pembersihan material longsor di Desa Sukomulyo, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang terkendala hujan deras disertai angin kencang. Hal itu disampaikan Kepala UPT Pengelolaan Jalan dan Jembatan (PJJ) Dinas PU Bina Marga Provinsi Jatim Malang Agus Hari Purnomo. 

Bahkan, pada saat kejadian tanah longsor ketiga di Desa Sukomulyo, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang pada Selasa (28/2/2023) sekitar pukul 17.30 WIB, petugas tidak dapat langsung melakukan pembersihan material longsor. 

Baca Juga : Kejutan Belanja Bertabur Hadiah, Graha Bangunan Hadirkan Dulux Lucky Dip

"Kemarin itu mulai jam setengah enam sore (longsor), cuma kita belum bisa langsung action karena kondisinya masih hujan deras," ungkap Agus kepada JatimTIMES.com, Rabu (1/3/2023). 

Pembersihan.

Petugas dari Dinas PU Bina Marga Provinsi Jatim pun akhirnya tidak langsung mengerahkan dua unit alat berat loader untuk pembersihan material longsor. Pasalnya, dirinya juga menjaga kondisi kesehatan para personel. 

"Kita juga menjaga kondisi teman-teman juga, demi keselamatannya juga. Kita action mulai padi tadi sekitar jam lima pagi. Setelah hujan reda dan dirasa kondisi aman, kita baru lanjut kerja," terang Agus. 

Menurutnya, di Bulan Februari pada tahun 2022 dan tahun 2023 kondisi cuaca mengalami perbedaan. Di Februari 2022 lalu, hujan juga turun dengan deras, namun tidak sampai mengakibatkan longsor hingga menutup jalan. 

"Tapi di tahun 2023 ini, kondisi cuaca buruk, hujan begitu deras, intensitas tinggi, sedangkan kalau hujan terus menerus kan kondisi kalau hujan, tanah akan semakin jenuh. Dengan kondisi jenuh itu mengakibatkan di dalam tanah itu bisa terjadi longsor," jelas Agus. 

Alat berat loader.

Lebih lanjut, meskipun mengalami kendala pembersihan material longsor saat hujan deras, pihaknya menyiapkan dua unit alat berat loader untuk disiagakan jika sewaktu-waktu terjadi longsor susulan. 

Baca Juga : Aldila Jelita Keluhkan Hal Ini saat Merawat Indra BektiĀ 

"Kita tetap mensiagakan alat untuk ke depan. Jadi ada dua loader disini, untuk mengantisipasi barangkali ada kejadian longsor susulan," tandas Agus. 

Sebagai informasi, pada hari Rabu (1/3/2023) Dinas PU Bina Marga Provinsi Jatim melalui UPT PJJ Malang telah selesai melakukan pembersihan material longsor di tujuh titik dibantu oleh BPBD Provinsi Jatim, BPBD Kabupaten Malang, hingga masyarakat sekitar.

Ketujuh titik longsor yang dilakukan pembersihan di antaranya, tiga titik di Desa Sukomulyo, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang; tiga titik di Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang; dan satu titik di Kecamatan Batu, Kota Batu. 


Topik

Peristiwa longsor pujon bencana kabupaten malang kota batu


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Tubagus Achmad

Editor

A Yahya