Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Jembatan Gladak Perak Ditargetkan Bisa Dilewati Akhir Maret 2023

Penulis : Binti Nikmatur - Editor : Dede Nana

01 - Mar - 2023, 15:58

Beberapa truk bermuatan melakukan uji coba di Jembatan Gladak Perak (foto: Instagram @thisiseastjava)
Beberapa truk bermuatan melakukan uji coba di Jembatan Gladak Perak (foto: Instagram @thisiseastjava)

JATIMTIMES - Beberapa media sosial ramai membahas progres pembangunan Jembatan Gladak Perak di Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro. Banyak warganet yang tak sabar dan antusias dengan hadirnya jembatan penghubung utama Kabupaten Lumajang dengan Kabupaten Malang itu. 

Seperti video yang dilihat JatimTIMES melalui akun @thisiseastjava nampak beberapa truk bermuatan melakukan uji coba di Jembatan Gladak Perak. Dalam video itu juga terlihat beberapa petugas tengah memastikan kelancaran uji coba tersebut. 

Baca Juga : Pameran Pendidikan Australia Bersama Loekito Education Group

Sementara itu, kondisi pembangunan Jembatan Gladak Perak sendiri nampak telah rampung. Pengaspalan juga susah selesai dilakukan. Hanya terlihat sisa-sisa material pembangunan yang berada di trotoar jembatan. 

Selain itu, ada juga video unggahan akun @pepydoang yang tengah berjalan-jalan di sekitar jembatan. Perekam video dalam akun tersebut menyebut dirinya tengah bersama petugas dari Adhi Karya untuk sidak progres Jembatan Gladak Perak. 

Menurut petugas dari Adhi Karya dalam video tersebut saat ini pembangunan Jembatan Gladak Perak sudah selesai. 

"(Operasional) akhir Maret. Semoga sebelum lebaran sudah bisa difungsikan, bagi masyarakat Lumajang yang mau lewat selatan bisa melewati Gladak Perak," ungkap perekam video tersebut. 

Sontak unggahan itu pun menyita perhatian warganet. 

"Alhamdulillah," @_imasna****

"Jembatan udah baru dan bagus. Jangan ada yang berhenti ditengah ya buat foto’. #indonesia," @gibran_***

"Saya ramal akan jadi tempat jualan," @hen***

"Alhamdulilah bisaa mudikk," @viina***

"Wahhh spot nongkrong baru nih buat para bocil," @iniep***

Sementara itu, menurut Bupati Lumajang Thoriqul Haq Jembatan Gladak Perak direncanakan sudah selesai akhir Maret 2023. Sehingga Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah sudah bisa dilewati oleh masyarakat. 

"Saat perayaan Lebaran nanti warga yang hendak mudik atau bersilaturahim kepada saudara bisa melewati Jembatan Gladak Perak," tutur Cak Thoriq-sapaan akrab Bupati Lumajang Thoriqul Haq, dikutip Antara, Rabu (1/3/2023). 

Baca Juga : Dianggap Masuk Pekarangan Orang Tanpa Izin, Warga Surabaya Ini Dipolisikan

Seperti diketahui, Jembatan Gladak Perak itu dibangun oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Kabarnya jembatan tersebut menjadi jembatan rangka baja terpanjang di Indonesia dengan panjang 140 meter, lebar rangka 12 meter dan lebar aspal 7,5 meter.

Sebelumnya diketahui, Jembatan Gladak Perak terputus total akibat diterjang awan panas guguran (APG) Gunung Semeru pada awal Desember 2021. Sehingga akses yang menghubungkan Lumajang-Malang melalui jalur selatan terputus sejak 2021. 


Topik

Peristiwa jembatan gladak perak bupati lumajang


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Binti Nikmatur

Editor

Dede Nana