Bekal Mudik yang Wajib Dibawa Agar Wajah Tetap Cantik

Dokter spesialis kulit asal Malang Dr Sinta Murlistyarini SpKK (foto: istimewa)
Dokter spesialis kulit asal Malang Dr Sinta Murlistyarini SpKK (foto: istimewa)

MALANGTIMES - Mudik atau pulang ke kampung halaman sudah menjadi tradisi masyarakat di Indonesia.

Berbondong-bondong hengkang dari kota besar, apa saja perbekalan patut dibawa?

Selain persiapan buah tangan, yang tidak kalah penting adalah kesehatan. Dan bagi perempuan, tak saja sehat tapi juga cantik.

Selama perjalanan panjang pulang kampung, menurut dokter spesialis kulit dr Sinta Murlistyarini SpKK, wajah tetap perlu mendapat perawatan.

Meski lelah mendera, selama mudik wajah harus dibersihkan minimal dua kali sehari.

"Tetap harus rajin membersihkan wajah, minimal sehari dua kali. Malam hari sebelum pakai krim perawatan wajah, wajah harus bersih dari make up dan debu, walau kondisi badan capek," jelas dosen Universitas Brawijaya itu kepada MalangTIMES.

Ia mengatakan pemakaian krim tetap harus dilakukan selama mudik.

"Juga tetap memakai krim perawatan wajah yang sesuai dengan kondisi kulit wajah. Bila pergi ke tempat yang kondisi cuaca tidak terlalu berbeda dengan daerah asal, tidak perlu ganti krim. Tetapi kalau cuaca beda maka menyesuaikan," sambungnya.

Pemakaian krim ini, kata Sinta, juga disertai penggunaan sunblock atau tabir surya. "Minimal dua hari sekali, bahkan perlu diulang tiap tiga sampai empat jam sekali bila kegiatan outdoor banyak. Bila outdoor atau perjalanan siang, SPF minimal 30," papar dia.

SPF merupakan singkatan dari Sun Protection Factor. Pada produk pelindung matahari, SPF memberi informasi berapa lama waktu di bawah sinar matahari tanpa terbakar selama memakai produk tersebut.

Sinta menjelaskan pemilihan tabir surya perlu menyesuaikan dengan jenis kulit.

"Pilih base cream sunblock yang sesuai dengan jenis kulit, misal untuk kulit oily (berminyak) lebih nyaman pakai gel. Untuk kulit kering pakai yang cream atau lotion," tukasnya. (*)

Editor : Heryanto
Publisher :

Redaksi: redaksijatimtimes[at]gmail.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : redaksijatimtimes[at]gmail.com | redaksijatimtimes[at]gmail.com
Top