Komisaris Utama PT ACA Iwan Kurniawan bersama Muspika Karangploso tengah berfoto bersama anak-anak yatim dalam acara Pekan Islami XII PT ACA. (Foto: Nurlayla Ratri/MalangTIMES)
Komisaris Utama PT ACA Iwan Kurniawan bersama Muspika Karangploso tengah berfoto bersama anak-anak yatim dalam acara Pekan Islami XII PT ACA. (Foto: Nurlayla Ratri/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Selalu ada momen yang meriah dalam gelaran Pekan Islami XII PT Anugerah Citra Abadi (ACA). Dalam kegiatan santunan yang diselingi pengajian dan juga berbagai macam hiburan itu, banyak kuis diberikan pada anak-anak yatim piatu yang diundang.

Anak-anak yang beruntung dan punya keberanian unjuk diri itu pun mendapat hadiah langsung dari Komisaris Utama PT ACA, Iwan Kurniawan maupun dari Muspika setempat. Hari ini (5/6/2016) ada dua lokasi dengan total 629 anak yatim dan piatu yang mendapat bantuan. Yakni 276 anak dari 10 desa di Kecamatan Dau dan 353 anak dari 9 desa di Kecamatan Karangploso. 

Baca Juga : Deretan Film Psikopat Ngeri dengan Karakter Anak Kecil

Misalnya di aula Kecamatan Karangploso, beberapa anak mencoba menjawab pertanyaan-pertanyaan seputar agama yang diajukan Iwan. Di antaranya Azmi, bocah lima tahun yang langsung mengacungkan tangan saat Iwan bertanya tentang doa berbuka puasa. "Ayo coba dihapalkan pelan-pelan doa berbuka puasa," ujar Iwan.

Dengan lantang Azmi pun menjawab. "Doa berbuka puasa. Bismillah hirrahman nirrahim. Allahumma baarik llanaa fiima razaqtanaa waqina adzaa bannaar," jawabnya. Saat tengah berdoa, beberapa anak yang hadir tampak tertawa kecil. Pasalnya, doa yang dibaca Azmi adalah doa sebelum makan.

Iwan lantas bertanya pada ratusan anak yang mendapat undangan istimewa di aula kecamatan itu terkait jawaban Azmi. Sebagian menjawab benar, sebagian lagi menyalahkan. Iwan pun bertanya pada KH Kholili yang juga hadir memberikan tausiah. "Ya benar, kan itu doa sebelum makan. Saat berbuka kan makan juga," ujar Kholili memberi dukungan pada Azmi. 

"Anak-anak yang berani seperti ini harus mendapat dukungan. Mereka mau menjawab meski ada sedikit keliru," ujar Iwan. Lebih berani, Iwan menantang anak-anak mengaku bagi yang tidak berpuasa. Ternyata banyak yang mengacungkan tangan, baik laki-laki maupun perempuan. Remaja perempuan ada yang mengaku tidak berpuasa karena tengah berhalangan. Sementara anak laki-laki, tidak berpuasa salah satunya karena telat bangun sahur.

Baca Juga : Sebelum Raih Oscar, Joaquin Phoenix Rilis Film Pendek, Tonton di Sini

Tak hanya pertanyaan soal keagamaan saja. Wawasan kebangsaan dan cinta tanah air juga dibangun dalam kegiatan Pekan Islami XII PT ACA tahun 2018 ini. Misalnya saat Kapolsek Dau Kompol Endro Sujiat bertanya tentang dasar negara. Maupun saat Danramil 0818/29 Dau Kapten Caj Bambang Heriyanto memberi kuis soal hari kemerdekaan Republik Indonesia.