Serba-Serbi Lebaran

Awas Gemuk, Saat Lebaran Jangan Konsumsi Ini!

Ilustrasi (Martinrecords)
Ilustrasi (Martinrecords)

MALANGTIMES - Lebaran telah tiba. Di hari kemenangan ini tentu ada beragam hidangan yang menggoda mata dan siap menggoyang lidah. Eits, tapi jangan sampai kalap ya. Kalian harus tetap menjaga kondisi tubuh agar tetap bugar dan tidak mengalami kegemukan saat lebaran tiba.

Selain harus berhati-hati dengan tidak mengonsumsi secara berlebihan, kalori dan lemak dari setiap hidangan harus diperhatikan. Opor ayam, rendang, gulai, sate, hingga ayam goreng semua bisa kalian lahap. Tapi syarat utamanya, secukupnya saja dan jangan sampai berlebihan ya. 

Karena sebagaimana diajarkan dalam Islam, sesuatu yang berlebihan sangat tidak baik. Hal itu juga berlaku untuk dunia kesehatan, yang selalu mengimbau agar asupan yang masuk dalam tubuh sesuai dengan kebutuhan dan tidak berlebihan.

Ahli gizi Ayu Bulan Febry K D, AMG, S.KM, M.M menyampaikan, untuk mengimbangi olahan yang kaya akan kalori, ada baiknya saat lebaran juga memasak hidangan yang tidak bersantan. Mulai dari sayuran hingga lauk hewani seperti ikan.

Di antaranya seperti ikan dan ayam tanpa kulit. Sementara saat ingin memasak daging, ada baiknya memilih daging has dalam dan mengkonsumsinya tidak lebih dari 100 gram per hari. Dengan pola konsumsi tersebut, maka akan membantu menurunkan lemak dan kolesterol jahat. Berat badan pun akan terjaga dan tidak harus takut mengalami lonjakan tinggi.

"Selain itu kita ada baiknya mengonsumsi karbohidrat kompleks karena lebih mudah dikonsumsi usus," katanya.

Karbohodrat kompleks menurutnya membantu memberikan rasa kenyang yang lebih lama dibanding karbohidrat sederhana. Selain itu, penyerapannya pelan dan tidak mudah membuat gula darah naik. 

Beberapa olahan karbohidrat kompleks di antaranya seperti nasi merah, roti gandum, singkong, oatmeal, jagung, kacang-kacangan, buah dan sayur. Karbohidrat kompleks ini menurutnya baik karena juga berserat tinggi.

"Dengan memperbanyak makan makanan yang tinggi serat maka kadar kolesterol dan lemak dapat turun dan juga dapat menurunkan berat badan kita.
Pilihlah buah dan sayur dalam hidangan kita," tambahnya. 

Kebiasaan mengonsumsi buah dan sayur menurutnya akan membuat karbohidrat dipecah menjadi gula sederhana secara perlahan dan bertahap di dalam tubuh. Sehingga gula darah tetap berada dalam keadaan normal. 

"Hati-hati dalam mengonsumsi makanan seperti gado-gado, pecel, ketoprak, rujak cingur, rujak manis buah, dan lain-lain. Walaupun terbuat dari sayuran dan buah yang memiliki sedikit kandungan lemak, namun bumbu kacangnya memiliki kandungan kalori dan lemak yang sangat tinggi," tambahnya.

Tak sebatas itu, ia pun menyarankan agar teknik pengolahan makanan dilakukan dengan cara dikukus, dipanggang, ditumis, direbus, memasak menggunakan microwave, dan hindari makanan yang diolah dengan cara digoreng.

Editor : A Yahya
Publisher :

Redaksi: redaksijatimtimes[at]gmail.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : redaksijatimtimes[at]gmail.com | redaksijatimtimes[at]gmail.com
Top