Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

DPRD Kota Malang Bakal Lantik Pimpinan Definitif

Penulis : Nurlayla Ratri - Editor : Heryanto

04 - Jun - 2018, 08:03

Plt Wakil Ketua I DPRD Kota Malang Abdurrohman (tengah) saat dilantik menjadi anggota dewan. (Foto: Dokumen MalangTIMES)
Plt Wakil Ketua I DPRD Kota Malang Abdurrohman (tengah) saat dilantik menjadi anggota dewan. (Foto: Dokumen MalangTIMES)

MALANGTIMES - Meski kegiatan-kegiatan legislasi mulai berjalan, fungsi DPRD Kota Malang belum sepenuhnya pulih.

Pasalnya, hingga saat ini belum ada pimpinan definitif yang ditetapkan. Padahal keberadaannya sangat dibutuhkan agar keputusan dewan bisa disahkan. 

Baca Juga : Hari Ini, Pemkot Malang Luncurkan Bansos Tahap Awal bagi Warga Terdampak Covid-19

Pentingnya pimpinan definitif ini, di antaranya untuk mengedok peraturan daerah (perda) yang sudah dibahas.

Fungsi lain, misalnya melakukan pelantikan beberapa anggota dewan yang diganti oleh partai melalui mekanisme pergantian antar waktu (PAW).

Namun, Plt Wakil Ketua I DPRD Kota Malang Abdurrohman mengungkapkan bahwa pelantikan pimpinan definitif balal digelar dalam waktu dekat.

Politisi PKB ini mengatakan bahwa surat rekomendasi dari DPP PKB tentang penunjukan dirinya sebagai wakil ketua definitif sudah turun.

"Rekom sudah ada dari DPP PKB yang menunjuk saya sebagai wakil ketua dewan definitif. Sudah saya sampaikan ke Sekwan (Sekreraris DPRD), lalu diproses ke Gubernur Jatim," paparnya.

Saat ini, pihak dewan tengah menunggu surat keputusan penetapan dari gubernur. Dia pun berharap dalam waktu dekat surat keputusan itu turun.

Terlebih, menurutnya banyak agenda legislasi yang harus segera dilakukan. Misalnya melakukan pengesahan keputusan seperti penetapan rancangan perda menjadi perda.

"Karena kalau statusnya masih Plt, belum bisa meneken keputusan. Semoga sebelum Lebaran bisa selesai. Sehingga bisa segera ditetapkan," harapnya. 

Baca Juga : Bantuan Pangan Non Tunai di Kota Batu Sudah Cair, Berikut Jadwal dan Lokasi Tokonya

Dengan adanya pimpinan definitif, lanjut Abdurrohman, paripurna penggantian anggota dewan juga sudah bisa dilakukan.

Menurutnya, sudah ada dua partai yang mengajukan PAW. Yakni dari Partai Hanura yang mengajukan PAW dari Ya'qud Ananda Gudban dan dari PAN yang mengganti Syaiful Rusdi.

"Bahkan yang Hanura ini sudah muncul nama dan surat keputusan partai," terangnya. 

Abdurrohman berharap pelantikan itu akan membuat pemerintahan segera berjalan normal. Apalagi banyak kebijakan-kebijakan dewan yang dibutuhkan pihak eksekutif.

"Ya semoga segera terbentuk agar pemerintahan berjalan lancar," pungkasnya.


Topik

Pemerintahan DPRD-Kota-Malang Pimpinan-Definitif Plt-Wakil-Ketua-I-DPRD-kota-malang Abdurrohman


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Nurlayla Ratri

Editor

Heryanto