Pemenang lomba Musabaqoh Syahril Qur'an (MSQ) dari PP Putri Al-Islah Singosari (foto: Wahida Rahmania Arifah/MalangTIMES)
Pemenang lomba Musabaqoh Syahril Qur'an (MSQ) dari PP Putri Al-Islah Singosari (foto: Wahida Rahmania Arifah/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Pekan Ramadan yang digelar media online berjejaring terbesar di Indonesia MalangTIMES juga berisi kegiatan Musabaqoh Syahril Qur'an (MSQ). Bidang ini mengungkapkan isi kandungan Al-Qur’an dengan menampilkan tidak hanya bacaan tetapi puitisasi, terjemah dan uraian yang menunjukan kesatuan yang serasi.

Peserta datang dari berbagai kalangan mulai santri hingga perguruan tinggi diantaranya Universitas Negeri Malang (UM) dan Universitas Islam Malang (Unisma). Pemenang adalah santri dari Pondok Pesantren (PP) Putri Al-Islah Singosari Kabupaten Malang.

Menariknya, mereka baru kali pertama mengikuti lomba MSQ. Dan bahkan tidak ada latihan. Mereka bertiga baru bertemu beberapa jam sebelum lomba digelar. Ketiga pemenang MSQ Pekan Ramadan MalangTIMES adalah Wardah Mahdiyah Mudzakir, Hamilatur Roziyah, dan Aisyah Al-Khoirun Nida.

"Alhamdulillah tidak menyangka bisa menang. Soalnya, tiba-tiba Bu Nyai bilang saya kumpulan dua teman untuk lomba Sabtu besok. Sudah itu saja. Alhamdulillah jam 11 siang tadi kita latihan sebentar lalu bisa kompak," papar Hamilatur Roziyah yang akrab disapa Mila kepada MalangTIMES.

Pesan yang ingin mereka sampaikan dalam MSQ kali ini adalah toleransi beragama di Indonesia. Mila menjelaskan mereka menyentil isu bom di Surabaya beberapa pekan silam.

"Kita membahas tentang toleransi umat beragama. Kami mengutip beberapa ayat di dalamnya yakni ada Surat Al-Mumtahanah ayat 8 dan Surat Al-Qasas ayat 55," jelas dia.

Disinggung soal hadiah uang cukup menggiurkan, Mila mengatakan mereka tidak mengejar hadiah. "Kami malah baru tahu kalau ada hadiah berupa uang dan uang pembinaan. Alhamdulillah yang terpenting niat kami ikut MSQ ini adalah meramaikan bulan suci Ramadan dengan kegiatan yang berkah," sambung gadis asal Singosari ini.

Rangkaian kegiatan bernafas Islam digelar mulai Kamis (31/5) hingga Sabtu (2/6) esok. Ada beragam lomba mulai musabaqoh sholawat Al-Banjari, musabaqoh syahril Qur'an tingkat remaja dan dewasa, hingga khotmil Qur'an.

Pekan Ramadan merupakan bentuk keinginan media online MalangTIMES, PT Cipta Aneka Solusi (CAS), Masjid Al-Ghufron dan Gerak Malang mengisi bulan suci Ramadan dengan kegiatan penuh berkah. (*)