MALANGTIMES - Beberapa kali mengunjungi pondok pesantren membuat Komisaris Utama PT Anugerah Citra Abadi Iwan Kurniawan bercita-cita membangun pondok pesantren. Rencana itu sempat dilontarkakn saat memberi sambutan dalam acara Pekan Islami ke XII PT ACA beberapa waktu lalu.

Hal tersebut bukan tanpa dasar, sebab dia melihat banyak pondok-pondok pesantren di lingkungan Kabupaten Malang yang sempat dikunjungi dinilainya kurang layak. "Cita-cita saya membangun pondok yang nyaman buat mereka tinggali. Jangan sekamar isi 30 orang seperti kebanyakan,"tuturnya kepada MALANGTIMES.

Ayah tiga anak ini membeberkan rencananya pondok pesantren akan dikemas dengan konsep pondok untuk wisata. Artinya bagi anak-anak yang yatim bisa mondok di tempat tersebut. Bagi yang masih punya ibu, agar ibunya bekerja di lingkungan tersebut dengan gaji yang layak.

"Ibunya kerja di tempat saya (lingkungan pondok), dan anaknya sekolah di situ gratis. Nanti kita bikin wisata religi, hasilnya kita kembalikan ke mereka saya nggak ambil sepeserpun,"bebernya.

Lebih lanjut Iwan menjelaskan bahwa dirinya kini tengah dalam proses mencari lahan yang cukup luas. Targetnya, Iwan ingin pondoknya dibangun di tempat yang sejuk dengan air berlimpah dan luas.

"Kita cari tempat yang sejuk karena kita butuh air yang banyak, ladang, kebun dan lain-lain,"ujarnya.

Rencananya pria 61 tahun ini akan mengambil 100 anak yatim dari masing-masing desa di lingkungan Kabupaten Malang untuk percontohan. Sementara, Iwan saat ini masih dalam tahap sowan dan konsultasi kepada ulama dan kiai di Malang Raya untuk membahas program mulianya.

"Sementara saya masih konsultasi ke Kiai-kiai minta saran dan lain-lain kira-kira gimana enaknya," pungkasnya.