Lebaran, Menteri PUPR Pastikan Hampir Separo Tol Mapan Siap Dilintasi

Jun 01, 2018 18:09
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat menjelaskan progres pembangunan tol di sela-sela kegiatan di Universitas Brawijaya Malang. (Foto: Nurlayla Ratri/MalangTIMES)
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat menjelaskan progres pembangunan tol di sela-sela kegiatan di Universitas Brawijaya Malang. (Foto: Nurlayla Ratri/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono memastikan hampir separo jalur tol Malang-Pandaan (Mapan) sudah bisa difungsikan. Namun, operasionalnya terbatas pada momen arus mudik Lebaran nanti. 

Baca Juga : Pandemi Covid-19, Revitalisasi Pasar Bunulrejo Dibatalkan

Basuki menguraikan, dari total 38,48 kilometer panjang tol Mapan, sepanjang 15,5 kilometer sudah bisa digunakan oleh para pemudik. "Kalau untuk mudik nanti, ada beberapa yang fungsional. Terutama untuk menghindari Singosari," ujar dia saat menjadi pembicara di Universitas Brawijaya Malang, hari ini (1/6/2018). Dia mengaku sudah sempat meninjau langsung kondisi di lapangan pada saat perjalanan dari Surabaya menuju Malang.

Menurut Basuki, tol Mapan kemungkinan besar bisa diresmikan pada September mendatang. Namun, untuk memfasilitasi para pemudik, ada beberapa ruas jalur yang sudah bisa difungsikan. "Sebagian sudah bisa. Untuk menghindari macet sudah bisa. Aturannya, jalan tengahnya semua bagus," kata dia.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama PT Jasamarga Pandaan Malang Agus Purnomo menerangkan bahwa pengerjaan tol Mapan hingga saat ini sudah hampir 80 persen. Angka itu merupakan persentase total untuk lima seksi tol. Hingga saat ini, pengerjaan paling sedikit berada di seksi lima, yakni antara Singosari atau Karanglo ke Pakis dan Sawojajar. "Total sudah 80 persen lah. Yang masih kurang di seksi lima, ada sekitar 8 kilometer masih ada masalah. Masih ada proses konsinyasi," urainya.

Baca Juga : Jamin Nasib Tenaga Kerja, Disnaker-PMTSP Kota Malang Ajukan Skema Jaring Sosial

"Untuk yang konsinyasi, di Kota Malang, di Madyopuro itu ada 50 bidang, masih proses. Mudah-mudahan bisa selesai," sambungnya. Ke depan, tambah Agus, pintu keluar (exit) tol Mapan akan berada di pos tiga. Tepatnya di pos polisi Sawojajar di Jalan Ki Ageng Gribig. Sementara untuk seksi 4, ada di Ampeldento, Pakis. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Menteri PUPRBasuki Hadimuljonotol Mapanmalang pandaanarus mudik lebaran

Berita Lainnya

Berita

Terbaru