Aparatur Sipil Negara Pemerintah Kabupaten Malang nampak khidmat mengikuti upacara Hari Lahir Pancasila yang digelar di Pendopo Agung Kabupaten Malang, Jalan Agus Salim, No.7 Malang. (foto : Humas Pemkab Malang)

Aparatur Sipil Negara Pemerintah Kabupaten Malang nampak khidmat mengikuti upacara Hari Lahir Pancasila yang digelar di Pendopo Agung Kabupaten Malang, Jalan Agus Salim, No.7 Malang. (foto : Humas Pemkab Malang)



MALANGTIMES - Memperingati hari lahirnya Pancasila, Bupati Malang Dr H Rendra Kresna menjadi inspektur upacara yang digelar di Halaman Pendopo Agung Kabupaten Malang, Jalan Agus Salim Malang, Jumat (1/6/2018).

Upacara peringatan Hari Pancasila yang mengusung tema 'Kita Pancasila, Bersatu, Berbagi, Berprestasi' itu dihadiri Forkopimda Pemkab Malang ASN Pemkab Malang, DPRD Kabupaten Malang dan jajaran TNI/Polri.

Dalam sambutan Presiden RI, Joko Widodo yang dibacakan Rendra Kresna menyampaikan peringatan Hari Lahir Pancasila di setiap tanggal 1 Juni ini untuk mengingat kembali pentingnya Pancasila yang berperan sebagai falsafah dan dasar negara yang kokoh, yang menjadi fondasi dibangunnya Indonesia bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

"Kita manfaatkan peringatan ini sebagai momen pengingat, momen pemacu dan momen memahami nilai-nilai Pancasila," kata Rendra Kresna.

Rendra berpesan upacara ini menjadi momentum bagi masyarakat untuk lebih memahami Pancasila, serta mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. 

"Jadi Pancasila tidak sekadar menghafalkan Pancasila saja, tapi nilai-nilai luhur Pancasila harus dimengerti," ujarnya.

Kalau Pancasila sudah dimengerti dan diamalkan maka dengan begitu masyarakat dapat terhindar dari kegiatan-kegiatan yang mengarah kepada paham radikalisme.

Rendra Kresna juga menyampaikan kepada seluruh masyarakat Indonesia terus mengamalkan warisan mulia para founding fathers ini untuk kemajuan bangsa, dan sekaligus menjadi sumbangsih Indonesia kepada masyarakat dunia.

Pancasila selalu hadir dalam setiap sudut kehidupan dan pikiran masing-masing individu. "Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun ini, kita harus meneguhkan semangat kita untuk bersatu, berbagi dan berprestasi," ucap pria berkacamata itu.

Tak hanya itu saja, makna Pancasila mampu mempersatukan bangsa Indonesia yang majemuk, semangat persatuan merupakan pilar utama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. 

"Kita harus terus menerus bersatu memperkokoh semangat Bhinneka Tunggal Ika. Kita harus bersatu dalam upaya untuk menjadi bangsa yang kuat, bangsa yang besar dan bangsa pemimpin," tegas Rendra. 

Kemudian, Rendra Kresna juga mengajak para ulama dan tokoh agama, para guru, politisi dan jajaran aparat pemerintahan, para anggota TNI dan Polri, serta seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama mengamalkan Pancasila dalam keseharian.

Semangat bersatu, berbagi dan berprestasi diharapkan mampu meneguhkan setiap derap langkah dalam membawa Indonesia menuju negara yang maju dan jaya. 

Disamping itu, Pancasila pertama kali diuraikan secara jelas oleh Bung Karno pada tanggal 1 Juni 1945 lalu. Kemudian dituangkan dalam Piagam Jakarta pada tanggal 22 Juni 1945 dan dirumuskan secara final pada tanggal 18 Agustus 1945. 

End of content

No more pages to load