MALANGTIMES - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) memimpin upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di halaman Gedung Pancasila, Jakarta. Namun pagi ini (1/6/2018) pesan-pesan orang nomor satu di Indonesia itu dibacakan langsung oleh Pjs Wali Kota Malang Wahid Wahyudi dalam upacara yang digelar di halaman Balai Kota Malang.

Dalam sambutan Presiden RI yang dibacakan oleh Pjs Wali Kota Malang, Jokowi menekankan soal tugas dan tanggung jawab seluruh masyarakat Indonesia, termasuk warga Malang untuk memastikan bahwa Pancasila selalu hadir dalam setiap sudut kehidupan. Jokowi mengajak agar rakyat meneguhkan semangat untuk bersatu, berbagi dan berprestasi.

Presiden RI juga menitipkan pesan kepada seluruh rakyat Indonesia untuk terus menerus bersatu memperkokoh semangat Bhinneka Tunggal Ika serta bersatu dalam upaya menjadi bangsa yang kuat, bangsa yang besar dan bangsa pemimpin. Juga semangat berbagi antar anak bangsa untuk kesejahteraan dan kemajuan bersama. Serta semangat gotong royong yang merupakan budaya luhur bangsa harus terus dipupuk sebagai sumber energi besar Indonesia untuk menggapai keadilan sosial bagi seluruh rakyat.

Wahid Wahyudi sebagai inspektur upacara menyebut, Pancasila berperan sebagai falsafah dan dasar negara yang kokoh, yang menjadi fondasi dibangunnya Indonesia bersatu, berdaulat, adil dan makmur. "Kota Malang juga tengah merancang bersama forum rektor dan juga pemangku sekolah menengah, untuk merumuskan pola orientasi mahasiswa serta pelajar baru. Salah satunya harus berisi materi nilai-nilai Pancasila, materi cinta tanah air dan patriotisme, serta materi wawasan kebangsaan," terangnya.

Dalam upacara tersebut, turut hadir Forkopimda Kota Malang, DPRD Kota Malang, TNI / Polri serta kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kota Malang.