Salah satu pelanggaran pada mobil angkutan di Kota Batu. (Foto: Panwaslu for BatuTIMES)

Salah satu pelanggaran pada mobil angkutan di Kota Batu. (Foto: Panwaslu for BatuTIMES)



MALANGTIMES - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Batu lagi-lagi menertibkan Alat Peraga Kampanye (APK) di seluruh wilayang Kota Batu. Bukan hanya spanduk, bendera, poster, kali ini juga ditemukan stiker kampanye pada kaca belakang mobil, Jumat (25/5/2018).

Hal tersebut terlihat di beberapa angkutan kota seperti warna merah muda, kuning, dan ungu. Pada mobil  tersebut terdapat nomor dan logo partai politik yang di sana tertempel logo Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

“Pemilihan Legislatif belum waktunya, tapi di sana sudah tertera logo dan nomor. Rencananya hari ini, tapi saya undur hari Senin akan kami lakukan tindakan,” ujar Ketua Panwas Kota Batu Abdur Rochman.

Ia menjelaskan pemasangan stiker pada mobil angkutan itu diduga di area Terminal Landungsari, Kota Malang. Munculnya foto, logo, dan nomor itu disebut dengan citra diri. 

“Disayangkan belum ditetapkan sebagai daftar calon tetap legislatif. Kan sayang sekali kalau misalnya ternyata gak lolos," imbuhnya.

Salah satu pelanggaran rumah branding terdapat poster pason pilgub di Jl Hasanudi, Kecamatan Batu. (Foto: Panwaslu for BatuTIMES)

Dalam penertiban APK ini juga ditemukan pelanggaran baru yakni rumah branding. Tepatnya ditemukan di salah satu rumah di Jl Hasanudin, Desa Pesanggrahan, Kecamatan Batu tepatnya di tembok rumah pemilik terlihat puluhan poster pasangan calon Pemilihan Gubernur. 

“Iya jadi ini baru, rumah branding rumahnya penuh dengan poster paslon pilgub yang kemudian terpaksa kami lakukan pencopotan,” jelas mantan guru SMKN 3 Batu saat ditemui di kantor Panwaslu.

Selain itu pelanggaran ditemukan di beberapa sudut seperti di Tiang listrik, dan pohon. Tercacat untuk spanduk di Kecmatan Junrejo ada dua unit, Kecamatan Bumiaji tiga unit dan Kecamatan Batu 3 unit.  

Daftar pelanggaran penyebaran bahan kampanye yang tidak sesuai dengan ketentuan antara lain  Desa Punten terdapat satu spanduk, Kelurahan Dadaprejo terdapat satu spanduk, Kelurahan Temas terdapat empat unit bendera, Kelurahan Sisir terdapat delapan unit bendera, Desa Pendem terdapat satu spanduk, dan Kelurahan Sisir terdapat satu spanduk.

"Pelanggaran ini terdata sejak satu minggu yang lalu," tutupnya.

Setelah menertibkan pelanggaran tersebut, pihak Panwaslu juga memberikan teguran kepada pihak pemasang partai politik maupun tim kampanye pasangan calon pilgub 2018.

End of content

No more pages to load