10 Duta Anak Indonesia Tahun 2015 membacakan 11 poin rekomendasi bernama Suara Anak Indonesia. (ferry/malangtimes)
10 Duta Anak Indonesia Tahun 2015 membacakan 11 poin rekomendasi bernama Suara Anak Indonesia. (ferry/malangtimes)
Hasil Kongres Anak XIII 2015

MALANGTIMES - Kongres Anak XIII Tahun 2015 yang diselenggarakan di Kota Batu, Jawa Timur, menghasilkan sebelas point rekomendasi yang akan disampaikan kepada pemerintah RI.  Rekomendasi tersebut diberi nama "Suara Anak Indonesia".

Kongres Anak itu diikuti oleh 10 Duta Anak Indonesia 2015 yang berasal dari delapan 8 Provinsi di Indoensia. Diantaranya,  Papua, Riau, Bali, Jawa Barat, NTB, Aceh, Bangka Belitung, dan Jawa Tengah.

Adapun sebelas point rekomendasi itu dibacakan di depan Menteri Sosial dan undangan yang hadir serta seluruh peserta Kongres saat acara penutupan. Isi dari sebelas point tersebut adalah murni pemikiran anak-anak Indonesia. Diantara sebelas point itu, tentang dorongan anak Indonesia kepada keluarga, masyarakat, dan negara untuk menyatukan aksi bersama memutus mata rantai kekerasan terhadap anak.

Selain itu,  anak Indonesia, menentang segala bentuk kekerasan, eksploitasi, penyiksaan, penelantaran dan diskriminasi. "Anak Indonesia juga memohon kepada Presiden RI Joko Widodo, untuk merealisasikan Instruksi Presiden Nomor 5 Tahun 2014 tentang Gerakan Nasional Anti Kejahatan Seksual Terhadap Anak di seluruh Indonesia," kata Bintang Perdana Putra, dari Provinsi Riau, yang membacakan point hasil rekomendasi Kongres Anak. (*)