Masjid Salman Alfarisi, masjid di Malang yang disebut-sebut mirip dengan keindahan Taj Mahal di India. (Pipit Anggraeni)
Masjid Salman Alfarisi, masjid di Malang yang disebut-sebut mirip dengan keindahan Taj Mahal di India. (Pipit Anggraeni)

MALANGTIMES - Ingin meniknati keindahan Taj Mahal? Tidak harus pergi jauh-jauh ke India. Di Malang, tepatnya Jl Raya Karangapel RT 8 RW 2 Desa Karangwidoro, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang, terdapat sebuah masjid yang bentuknya nenyerupai situs warisan dunia UNESCO itu.

Dikatakan mirip Taj Mahal lantaran masjid bernama Masjid Salman Alfarisi ini memiliki kuba berbentuk bulat sebagaimana Taj Mahal yang merepresentasikan pengaruh Hindu dan Islam. Begitu juga dengan pintu utamanya yang menghadap selatan, bukan menghadap barat sebagaimana masjid umumnya.

Baca Juga : Empat Hari sebelum Meninggal, Glenn Fredly Posting Hal Romantis untuk Sang Istri

Namun pada bagian di sekitar bangunan juga terdapat pintu masuk lain dari sisi utara dan timur. Interiornya pun lumayan unik, dengan bagian tengah yang terdapat empat pilar berukuran besar.

Masjid yang dibangun sejak 2012 dan berakhir pertengahan 2017 itu memiliki luas 1.600 meter persegi dengan belasan kuba yang cantik. Tak heran, hampir setiap hari banyak pengunjung yang datang untuk beribadah sekaligus berwisata dengan berfoto di berbagai area masjid.

Pengurus takmir Masjid Salman Alfarisi, Deden Ferrya, menyampaikan bahwa pengurus tidak pernah menjuluki masjid yang dikelolanya itu seperti Taj Mahal. Namun para jamaah sekaligus wisatawan yang datang kerap menyebut bak Taj Mahal. 

Pembangunan masjid dengan segala kemegahannya itu, menurut Deden, dimaksudkan untuk menarik perhatian jamaah agar nyaman beribadah sekaligus menarik hati para donatur. "Setiap hari ada saja yang datang," katanya kepada wartawan.

Ketika disinggung alasan pembangunan masjid yang jauh dari lingkungan masyarakat, Deden mengatakan karena di kawasan masjid akan segera dibangun pondok pesantren yang berkonsentrasi pada Alquran dan bahasa Arab. "Tahun depan insya Allah akan dilakukan pembangunan pondok pesantren," terangnya.

Selain itu, karena memang banyak masyarakat yang datang, ke depan kawasan tersebut juga akan dijadikan destinasi wisata religi. Di antaranya dengan memberikan siraman religi untuk para pengunjung yang datang.

Baca Juga : Duet Dian Sastro dan Yura Yunita Saat di Rumah Saja, Warganet: Awet Mudanya Gak Ada Akhlak

Lebih jauh Deden menerangkan jika pembangunan Masjid Salman Alfarisi ini berada di bawah naungan Yayasan Asunah Husnul Khotimah yang dibina Ustad Abdullah Hadromi. Sedangkan pengelolaannya dilakukan bersama dengan Muhammadiyah Kabupaten Malang.

Di sisi lain, salah seorang pengunjung, Faridah (47 tahun), asal Sawojajar, Kota Malang, menyampaikan bahwa dirinya sengaja mampir di Masjid Salman Alfarisi saat hendak bepergian ke Kota Batu. Selain ubtuk menjalankan ibadah salat Asar, dia juga berkeinginan untuk mengabadikan momen dan melihat langsung kecantikan masjid tersebut.

"Kan kata teman-teman di Facebook, ini itu mirip Taj Mahal. Jadi, pas lewat tadi, sengaja lihat lagsung dan memang mirip ya sama Taj Mahal," ungkapnya. (*)