Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Wisata

Bisa Bahasa Jawa, Bule Ini Bikin Geger Kampung Warna-warni Malang, Simak Videonya

Penulis : Wahida Rahmania Arifah - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

23 - May - 2018, 14:05

Dave Jepchott, pria asal Australia yang fasih berbahasa Jawa (foto: YouTube Londokampung)
Dave Jepchott, pria asal Australia yang fasih berbahasa Jawa (foto: YouTube Londokampung)

MALANGTIMES - Kebanyakan orang Indonesia menganggap fasih berbahasa Inggris adalah sebuah kebanggaan. Tetapi ini justru tidak berlaku untuk Dave Jepchott. Pria asal Australia ini justru bangga dapat berbahasa Jawa.

Baca Juga : Curhat Pelaku Pariwisata ke Menteri Pariwisata Wishnutama, Seperti Apa ?

Nama Dave barangkali tak asing lagi bagi  pengikut chanel YouTube, Londokampung. Chanel dengan 400.000 lebih subscribers itu 'mengerjai' banyak orang Indonesia. Lewat video kocaknya, Dave ingin memotivasi orang untuk belajar bahasa Inggris sekaligus tak melupakan bahasa daerah.

Dikutip dari IDN TIMES, Dave mengaku belajar bahasa Jawa Suroboyo-an lantaran masa kecilnya dihabiskan di Kota Pahlawan itu. Meski fasih bahasa Jawa Ngoko, Dave masih ingin terus mendalami bahasa Jawa halus.

Dalam sebuah video yang ia unggah pada 11 Mei lalu itu Dave bertandang ke Kampung Warna-warni di kawasan Jodipan, Kota Malang.

Nah, awalnya dia bertanya kepada warga sekitar menggunakan bahasa Inggris. Usut punya usut ternyata banyak warga kesulitan menjawab dengan bahasa Inggris. Alhasil, Dave lalu 'pamer' bahasa Jawa. Berikut video kocaknya yang sudah ditonton 200.000 viewers lebih itu.

Kepada awak media, Dave mengaku ia punya harapan. "Saya berharap orang Indonesia jangan sampai melupakan atau menganggap remeh bahasa-bahasa daerah di Indonesia," tandas dia sebagaimana dikutip dari IDN TIMES. (*)


Topik

Wisata berita-malang wisata-malang kampung-warna-warni-jodipan londokampung


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Wahida Rahmania Arifah

Editor

Sri Kurnia Mahiruni