Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Ngabuburit, Saber Pungli Kampanye Jaga Sungai dari Sampah

Penulis : Irsya Richa - Editor : A Yahya

20 - May - 2018, 20:53

Salah satu relawan Saber Pungli saat membagikan kantong plastik dan stiker kepada pengunjung di Alun-Alun Kota Batu. (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)
Salah satu relawan Saber Pungli saat membagikan kantong plastik dan stiker kepada pengunjung di Alun-Alun Kota Batu. (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)

Jika setiap hari Minggu biasanya tim Sapu Bersih Nyemplung Kali (Saber Pungli) melakukan bersih-bersih sungai, maka di bulan Ramadan kali ini, kegiatan Saber Pungli berlangsung dengan membersihkan sampah di kawasan Alun-alun Kota Batu. Kegiatan ini sekaligus menjadi ajang ngabuburit bagi 60 orang relawan Saber Pungli.

Baca Juga : Tanggap Covid-19, Fraksi PKS DPRD Kota Malang Bagikan Ratusan APD ke Petugas Medis

Sejak pukul 16.00 mereka mulai membersihkan kawasan Alun-Alun Kota Batu dari sampah-sampah. Sambil membersihkan sampah, mereka juga mensosialisasikan untuk tidak membuang sampah di sungai.

Lalu mereka juga membagikan stiker bertuliskan ‘Saber Pungli’ dan ‘Sungai Bukan Tong Sampah’, ‘Jangan Kotori Sungai Dengan alimbah dan Sampahmu’. Tak hanya itu saja, mereka juga membagikan kantong kertas kepada pengunjung Alun-Alun Kota Batu.

Tujuan menbagikan kantong kertas ini untuk mengurangi penggunakan kantong plastik. Melihat kantong plastik sangat susah untuk diurai dan butuh waktu 500 tahun hingga hancur di tanah. “Sedangkan kalau kertas bisa diolah kembali dan didaur ulang. Karena itu kami membagikan kantong kertas ini,” ujar Catur Wicaksono, relawan Saber Pungli, Minggu (20/5/2018).

Kantong kertas yang dibagikan kepada pengunjung Alun-Alun itu ada ratusan kantong. Catur menjelaskan tujuan utama tim ini adalah peduli terhadap sungai dai sampah. Namun saat ini menjalankan ibadah puasa, sehingga melakukan aksi yang lebih ringan. “Ini sudah minggu ke 34 kami selalu Saber Pungli di sungai. Lalu awal bulan Ramadan ini lebih fokus pada membersihkan Alun-Alun Kota Batu,” katanya.

Baca Juga : Hingga Pertengahan April, 4 Kali Tanah Longsor Terjadi di Kota Batu

Kegiatan ini berlangsung agar masyarakat peduli dan paham pentingnya tidak membuang sampah di Sungai. Sebab tingkat kesadaran masyarakat masih minim, dilihat dari masih banyaknya sampah di sungai terlebih sampah popok dan plastik. “Di bulan Ramadan ini ingin masyarakat peduli akan lingkungannya. Hal sepele namun berat membuang sampah di rumah,” jelas Catur.

Selain itu dalam Saber Pungli kali ini diikuti juga oleh SMPK Widyatama Kota Batu, Kwartir Ranting Batu, SMK 17 Kota Batu, SMK Madani Kota Batu, SMP Muhammadiyah 08, Persatuan Taman Siswa, SMP Negeri 06 Kota Batu dan SMA Islam Hasyim Asy'ari Kota Batu.


Topik

Peristiwa saber-pungli alun-alun-kota-batu kampanye-jaga-sungai


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Irsya Richa

Editor

A Yahya