Jaga Bumi Arema, Laporkan Sekecil Apa pun Gerakan Radikal!

May 20, 2018 18:38
Pemerintah Kota Malang dengan seluruh elemen masyarakat mendeklarasikan diri memerangi paham radikalisme.
Pemerintah Kota Malang dengan seluruh elemen masyarakat mendeklarasikan diri memerangi paham radikalisme.

MALANGTIMES - Pemerintah dan masyarakat Kota Malang bertekad membumi hanguskan paham radikalisme dari bumi Arema. Hal itu disampaikan Pjs Wali Kota Malang Wahid Wahyudi usai menggelar apel siaga dan deklarasi bersama pemuda, tokoh masyarakat, tokoh agama, santri, TNI, dan Polri yang dilaksanakan di halaman Balai Kota Malang, Minggu (20/5) sore.

Wahid menjelaskan, paham radikalisme menjadi musuh seluruh masyarakat Indonesia, tanpa kecuali Kota Malang. Sehingga, seluruh elemen masyarakat diharap turut serta dalam memberangus paham radikal. "Seluruh elemen harus terlibat untuk menghancurkan paham radikalisme," tandasnya kepada wartawan, Minggu (20/5/2018).

Baca Juga : WNA Asal Belanda Ditemukan Tak Bernyawa di Kamar Mandi

Semua gerakan yang mencurigakan, menurut Wahid, harus dilaporkan kepada pihak berwajib. Sekecil apa pun itu, masyarakat diharapkan mau menyampaikan sehingga gerakan pencegahan dapat dilakukan.

Dia juga menegaskan jika tindakan teror yang dilakukan di Surabaya, Sidoarjo, dan Riau belum lama ini merupakan tindakan keji dan sangat tidak dibenarkan. Sebagai bangsa yang terdiri dari beragam suku, ras, dan agama, maka saling menghormati adalah kunci utama yang harus dipegang. "Radikalisme harus dihilangkan," tegasnya lagi.

Menurut Wahid, Malang sebagai kota wisata dan kota pendidikan selama ini selalu menjadi miniatur Indonesia. Penduduknya juga berasal dari Sabang hingga Merauke.  Namun, selama ini Malang selalu menjadi kota yang damai dan tenteram karena tak sedikit pun ada kelompok yang mengganggu dan mengusik. "Dengan semangat dan salam satu jiwa, Malang selalu utuh dan damai," tegasnya.

Hal senada juga disampaikan Dandim 0883/Kota Malang Letkol Inf Nurul Yakin. Dia menyebut TNI dan Polri akan bersatu memberantas semua tindak radikalisme. Sehingga, masyarakat diminta turut aktif memberi laporan sekecil apa pun. "Jika ada yang mencurigakan, segera laporkan. Kami berjanji melakukan tindakan sekecil apa pun itu," ucapnya.

Baca Juga : Balada Susilo: Hidup di Gigir Kemiskinan Tanpa Jaring Sosial Pemerintah

Lebih lanjut dia menyampaikan jika Malang merupakan kota yang sangat kondusif. Sehingga, kegiatan radikalisme akan diperangi mulai akarnya. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru