Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Ekonomi

Pemkot Batu Bangun Kompleks UMKM Terintegrasi, Dilengkapi Mesin Modern Canggih

Penulis : Irsya Richa - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

18 - May - 2018, 10:32

Salah satu penggiat UMKM, yakni produksi pembuatan keripik apel di Kecamatan Bumiaji. (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)
Salah satu penggiat UMKM, yakni produksi pembuatan keripik apel di Kecamatan Bumiaji. (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)

Keinginan Pemkot Batu untuk mengembangkan dan mempermudah usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Kota Batu bakal dilakukan secara maksimal. Rencananya, segala mesin yang tidak dimiliki para pelaku UMKM bakal dilengkapi. 

Baca Juga : Pertama Kalinya di Malang Ada Studio Apartemen Luas Harga Termurah Hanya di Kalindra

“Kami akan memfasilitasi mesin kepada para penggiat UMKM di Kota Batu. Jadi, mesin yang tidak dimiliki oleh UMKM akan kamj wujudkan. Nanti kami siapkan di dalam kompleks UMKM yang akan kami buat,” ungkap Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko, Jumat (18/5/2018).

Kawasan atau kompleks UMKM itu nantinya adalah sebuah pusat pembuatan sebuah produk hingga penjualannya dalam satu area. Lalu, tempat itu juga menjadi pusat seluruh produk UMKM Kota Batu.

Dengan demikian, para wisatawan yang akan mencari oleh-oleh tinggal datang ke sentra UMKM ini. Produk UMKM bakal tersedia lengkap di sana. Bahkan pengunjung bisa juga melihat proses produksi oleh-oleh di sana. 

“Ya bagi yang mau produknya di kawasan UMKM ini, silakan dimasukkan. Intinya di tempat ini semua menampung produk Kota Batu. Jadi, wisatawan kalau mau cari oleh-oleh bisa ke kawasan UMKM ini,” katanya.

Ya, kompleks itu dilengkapi dengan mesin-mesin canggih sehingga bisa membuat barang menjadi sesuatu yang bernilai lebih. Pemkot Batu melalui kawasan UMKM akan mengatasi produksi dari hulu ke hilir di kompleks ini.

Baca Juga : Tips Aman Ambil Uang di Mesin ATM Saat Pandemi Covid-19

Salah satunya mesin packaging atau mesin kemasan. Sebab, salah satu faktor kurangnya produk UMKM Kota Batu tidak banyak dilirik disebabkan kemasan yang kurang maksimal.

“Kami akan memfasilitasi termasuk mesin packaging yang tidak bisa dimiliki UMKM karena mesin ini sangat penting. Salah satu faktor yang masih menjadi masalah adalah terkait kemasan dalam sebuah produk,” ujar politikus PDIP ini.

Adanya mesin kemasan ini membantu UMKM. Dan mesin kemasan disediakan untuk seluruh produk, seperti makanan, minuman, pertanian, dan handycraft (kerajinan tangan). (*)


Topik

Ekonomi berita-batu pemkot-batu umkm-kota-batu


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Irsya Richa

Editor

Sri Kurnia Mahiruni