Bupati Malang Rendra Kresna saat melakukan santunan kepada anak yatim dalam Safari Ramadan tahun lalu di Tirtoyudo (dok MalangTIMES)
Bupati Malang Rendra Kresna saat melakukan santunan kepada anak yatim dalam Safari Ramadan tahun lalu di Tirtoyudo (dok MalangTIMES)

MALANGTIMES - Keputusan terkait penetapan awal Ramadan Tahun 1439 H/ 2018 Masehi masih menunggu Keputusan Kementerian Agama (Kemenag) RI melalui sidang isbat. Penetapan tersebut dilalui dengan adanya  laporan hasil rukyatul hilal dari berbagai lokasi titik pemantauan. Salah satunya adalah di Kabupaten Malang dari  95 titik lokasi pemantauan yang akan dilakukan. 

Titik pemantauan di Kabupaten Malang direncanakan dilakukan di Stadion Radar (Satrad) 252 Ngliyep, Desa Kedungsalam, Kecamatan Donomulyo.

“Rencananya begitu dan nanti pemantauan akan kita lakukan  tanggal 15/5/2018. Rukyatul hilal tersebut juga akan dihadiri langsung Bupati Malang bersama Kemenag Kabupaten Malang, Majelis Ulama Indonesia (MUI), Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), serta Pakar Falak dari Ormas Islam se-Malang Raya,” kata Untung Sudarto Kepala Bagian Humas dan Protokol Kabupaten Malang, Senin (14/5/2018). 

Untung juga menjelaskan dalam proses tersebut, Pemerintah Kabupaten Malang telah mempersiapkan beberapa kegiatan dalam rangka bulan suci Ramadan. Kegiatan tersebut adalah Safari Ramadan yang merupakan acara tahunan setiap kali menyambut dan melaksanakan bulan sucinya umat Islam. 

"Safari Ramadan merupakan upaya Pemkab Malang untuk terus mewujudkan masyarakat yang agamis sesuai visi misinya," ujarnya. 

Tentunya Safari Ramadan yang dijadwalkan di tujuh lokasi nantinya, akan secara langsung dihadiri Bupati Malang Dr H Rendra Kresna yang akan menyapa masyarakat secara langsung. Seperti tahun-tahun lalu dalam acara yang sama, dimana Bupati Malang beserta jajarannya akan berbuka puasa bersama, sholat maghrib, isya dan dilanjut dengan tarawih. 

"Setelah selesai dilanjut dengan dialog dengan masyarakat. Selain tentunya ada penyerahan bantuan kepada kaum duafa dan yatim piatu," ujar Untung. 

Tujuh wilayah yang akan dijadikan lokasi Safari Ramadan dimulai tanggal  21 Mei sampai 5 Juni 2018 adalah daerah yang mewakili kantor eks Pembantu Bupati. Yaitu  Kecamatan Kasembon,  Sumbermanjing Wetan, Kalipare, Bululawang, Sumberpucung, Dau dan terakhir di Kecamatan Tumpang.

Selain di tujuh lokasi tersebut,  dalam Safari Ramadan juga terdapat acara tambahan yang akan digelar  di Pendopo Agung Kabupaten Malang, bersamaan dengan Peringatan Nuzulul Quran Tingkat Kabupaten Malang tahun 1439 H / 2018 M. 

"Dalam acara tersebut kita rencanakan buka bersama dengan alim ulama dan kyai serta anak-anak yatim piatu. Selanjutnya, dilanjutkan acara di Pondok Pesantren Salafiyah Sirotul Fuqoha Desa Sepanjang, Gondanglegi,” terang Untung.