Gethuk Siapkan Pengganti Cunha dan Joko

Singo Edan Arema Tantang Bajul Ijo Persebaya

MALANGTIMES - Bagi Arema, melawan Persebaya Surabaya bukan hanya sekadar laga biasa. Ada gengsi besar yang berbicara karena keduanya dikenal punya rivalitas tinggi, termasuk di kalangan suporternya. Karena itu, kemenangan akan menjadi hasil yang membanggakan bagi Arema kala bentrok dengan Persebaya, seperti yang akan tersaji Minggu (6/5/2018) sore di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya.

Sayang, di tengah misi besar itu, Singo Edan -julukan Arema- tergerus kekuatannya. Dua pilar bakal absen. Yakni bek Arthur Cunha da Rocha dan kiper Joko Ribowo. Kedua pemain itu absen  lantaran mengalami cedera cukup serius.

Arthur Cunha mengalami cedera pada tumit kaki kanannya saat latihan Rabu. Pemain asal Brazil ini salah tumpuan jatuh usai melompat. Dia akan beristirahat selama sepekan.

Kehilangan Arthur merupakan kerugisn besar bagi Arema. Pemain asal Brazil itu bermain sangat bagus dan mampu meredam agresivitas pemain depan Persipura sehingga Arema meraih kemenangan perdana 3-1 di Stadion Kanjuruhan beberapa waktu lalu.

Sebelum Cunha, kiper Joko Ribowo terlebih dulu istirahat karena cedera. Joko mengalami cedera pada laga kontra Persipura pekan lalu. Joko salah tumpuan kala berjibaku menghalau tendangan Marsel Kararbo pada menit ke-10. Akibat salah tumpuan tersebut, Joko cedera ligamen.

Meski tak diperkuat dua pilar utama itu, semangat anak asuh Joko Susilo untuk mencuri poin di kandang Persebaya tidak surut. Kemenangan 3-1 atas Persipura menjadi modal kala menantang Bajul Ijo, julukan Persebaya.

Pelatih Arema FC Joko Susilo mengaku sudah mengantisipasi absennya Cunha dan Joko. Dia bakal menentukan siapa pengganti keduanya. "Kami sudah mengangisipasi hal itu untuk memainkan para pemain yang sudah siap menggantikan posisi Joko dan Cunha," ujar pria yang akrab disapa Gethuk itu.

Di posisi kiper, Utam Rusdiana tampaknya akan menggantikan Joko. Selain itu, kiper lainnya, Kurniawan Kartika Ajie, juga sudah siap mental dan fisik kalau diminta tampil. "mereka sudah kami siapkan untuk mengisi posisi Joko," ucap pelatih asal Cepu itu.

Untuk mengisi kekosongan lini belakang yang biasa dijaga Cunha, Gethuk sudah menyiapkan dua pemain pengganti. Yaitu M. Zaenuri dan Israel Wamiau. "Lihat nanti situasinya seperti apa. Bisa juga kedua pemain ini turun secara bersamaan," ujarnya.

Ke Surabaya, Arema FC akan memboyong 20 pemain. Yakni Utam Rusdiana, Kartika Ajie, Purwaka Yudhi, M. Zaenuri, Israel Wamiau, Syaiful Indra Cahya, Johan Ahmat Farizi, Ricky Akbar Ohorella, Hendro Siswanto, M. Rafli, Ahmet Atayew, Balsa Bozovic, Juan Revi, Dendi Santoso, Ridwan Tawainella, Thiago Furtuoso, Dedik Setiawan, Rivaldi Bawuo, Bagas Adi Nugroho, Hanif Sjahbandi.  (*)

Top