Sebagian rumah sudah dilukis dengan gambar stroberi di Dusun Pandanrejo, Desa Pandanrejo, Kecamatan Bumiaji. (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)
Sebagian rumah sudah dilukis dengan gambar stroberi di Dusun Pandanrejo, Desa Pandanrejo, Kecamatan Bumiaji. (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)

Desa Pandanrejo, Kecamatan Bumiaji, memang menjadi sentra pertanian dan petik stroberi. Untuk memantapkan predikat itu lagi, rupanya rumah-rumah yang terletak di area pertanian Dusun Pandanrejo, Desa Pandanrejo, mulai diberi sentuhan.

Baca Juga : Curhat Pelaku Pariwisata ke Menteri Pariwisata Wishnutama, Seperti Apa ?

Sentuhan seni itu yakni lukisan buah stroberi. Buah tersebut dilukis di masing-masing dinding rumah warga. Bentuk stroberi dan kreasinya pun beragam.

Ada yang bentuknya cukup besar memenuhi rumah warga. Ada perpaduan stoberi dilukis dengan wajah tokoh kartun. Lalu ada pula ekspresi karakter wajah stroberi di beberapa tembok. 

Selain itu, di depan rumah warga ini juga dipenuhi polybag stroberi dengan ukuran kecil, sedang hingga besar. Hal tersebut menang dikuatkan oleh warga setempat agar kental sebagai kampung stroberi.

Hanya, saat ditanyai lebih detail, Kepala Desa Pandanrejo Abdul Manan tidak banyak menjawab. Pihaknya memang saat ini sedang fokus mengembangkan wisata pertanian seperti petik stroberi.

Baca Juga : Penutupan Tempat Wisata dan Hiburan di Kota Batu Diperpanjang sampai 21 April

“Ini masih proses pengerjaan. Belum semuanya selesai ini. Mungkin beberapa bulan lagi baru bisa jadi dan akan kami launching,” ujar Manan, Rabu (2/5/2018).

Sementara itu, Tohiran -warga setempat- mengatakan pengerjaan melukis itu sudah berjalan beberapa bulan yang lalu. Proses melukis masih berjalan hingga beberapa bulan mendatang.

“Nanti di rumah-rumah ini semua akan dilukis stroberi. Sekarang masih belum selesai. Prosesnya masih beberapa bulan mendatang,” ujar Tohiran. (*)