Salah satu pengunjung dari SMPN 1 Malang diberi kesempatan memberikan makan ikan kembung kepada penguin di Eco Green Park, Rabu (25/4/2018). (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)
Salah satu pengunjung dari SMPN 1 Malang diberi kesempatan memberikan makan ikan kembung kepada penguin di Eco Green Park, Rabu (25/4/2018). (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)

MALANGTIMES - Di Hari Penguin International yang jatuh pada Rabu (25/4/2018) sejumlah 11 ekor penguin di Eco Green Park dapat makan sepuasnya. Tidak hanya itu, bagi pengunjung yang beruntung maka bisa memberikan makan secara langsung kepada para penguin di Eco Green Park.

Seketika ratusan pengunjung pun langsung merapatkan barisannya di area Penguin Humboldt (Spheniscus demersus) yang didatangkan dari Zooparc De Beauval Perancis. Tentunya mereka ingin merayakan Hari Penguin, untuk bisa berdekatan dan memberi makan para penguin pun tidak mudah sebab harus mengikuti beberapa permainan.

Bagi mereka yang lolos bermain permainan yang diajukan oleh pembawa acara, barulah mereka bisa berkesempatan memberi makan para penguin. Selain itu, para pengunjung juga diajak beradu berlari dengan penguin, dan siapa sangka yang menang justru para penguin. 

Perlu diketahui penguin ini bukan tipe pelompat. Lebih banyak gerakan berburu dengan  makanan kecepatan berenang dan menyelam. Atau menukik menangkap mangsa 40 kilometer per jam.

Kurang lebih ada 8 pengunjung secara bergantian memberikan makan pada Mr Pingo. Sebelum memberi makan, mereka diberi arahan terlebih dahulu agar ikan tidak mudah didapatkan Mr Pingo.

Sambil menikmati, pengunjung memikat Mr Pingo dengan ikan yang dipegang mendekati kepala penguin. Hingga berkumpul, pengunjung mencoba lebih dekat dengan memegang Mr Pingo, setelah puas baru ikan dilepaskan.

Siswi SMPN 1 Malang Ridha Rahmatuk Rizkya sangat terkesan bisa berinteraksi dengan Mr Pingo, meski awalnya agak takut dipatuk tetapi ia tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan tersebut. Ketakutannya pun hilang agar pengalamannya itu sangat berkesan.

“Senang sekali bisa dekat dan memberikan makan secara langsung kepada penguin. Tentunya berkesan karena tidak semua teman bisa seperti saya,” kata Ridha kepada BatuTIMES.

Sementara itu Operational Manager Eco Green Park Anggun Dwi Cahyono menambahkan ikan yang dimakan di hari special Mr Pingo panggilan penguin ini juga special yakni ikan kembung. Jika hari biasanya adalah cumi-cumi, dan ikan laut lainnya.

“Benar-benar kita specialkan, penguin kami beri menu favorit mereka yakni ikan kembung. Kalau biasanya cuman ikan laut lainnya,” ujat Anggun.

Jika di hari biasa satu ekor penguin mengkonsumsi 20 ekor ikan, di hari special ini penguin dibebaskan makan sepuasnya. “Memang kita bebaskan mereka mau makan berapa, ini mungkin dua kali lipatnya mereka makan,” imbuhnya.

Menurutnya sejak hadirnya penguin di Eco Green Park menjadi ikon di sana. Karena itu kedepannya setiap tahun agar dirayakan hari international penguin. Sekaligus ingin mengangkat dan mengenalkan brand baru. 

Sekaligus Eco Green Park ingin menjadi tempat konservasi yang berkembang. Karena itu pihaknya berupaya memberikan perawatan secara maksimal agar segera berkembangbiak.

“Kami berupaya sebagai tempat konservasi bisa mengembangbiakkan khususnya penguin ini. Dan sejauh ini sejak hadir pada bulan November 2017 silam sangat cocok penguin berada di sini,” tutupnya.