Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Mayoritas Masyarakat Batu Tak Terpengaruh Money Politic

Penulis : Agus Muhammad (MG7) - Editor : Redaksi

05 - Aug - 2015, 14:06

Saifudin Zuhri, Devisi Sosialisasi KPU Kota Batu. (Foto: agus/malangtimes)
Saifudin Zuhri, Devisi Sosialisasi KPU Kota Batu. (Foto: agus/malangtimes)

MALANGTIMES – Tingginya angka money politik di Kota Batu ternyata tidak berpengaruh terhadap penentuan hasil suara. Ini terungkap dari hasil riset karakteristik pemilih di Kota Batu yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batu.

Dalam riset tersebut, terungkap bahwa 88 persen masyarakat Kota Batu tidak terpengaruh dalam menentukan suara pilihannya. Sedangkan 2 persen masyarakat terpengaruh dengan adanya money politik, dan sisanya menjawab tidak tahu.

"Kalau di prosentasekan 2 persen dari jumlah pemilih di Kota Batu sekitar 150 ribu sekian, ada 3 ribu pemilih yang terpengaruh," kata Saifudin Zuhri, Devisi Sosialisasi KPU Kota Batu, kepada MALANGTIMES , Rabu (5/8/2015).

Menurut Saifudin, money politik hanya berpengaruh di beberapa titik saja, tidak keseluruhan. "Hanya satu dua titik saja itu akan berpengaruh," kata dia.

Direktur PT Kualita Prima Indonesia, lembaga yang melakukan survey, Avin Kusaini  mengatakan, fenomena money politik ini sudah tidak berpengaruh dalam menentukan suara. "Sekarang, cost politik, tidak berbanding lurus dengan perolehan suara. Money politik tidak efektif," katanya.

Fenomena ini, kata dia, menjadi pekerjaan rumah bagi KPU untuk terus memberikan pendidikan politik ke masyarakat. "Masyarakat sudah mulai sadar, ini lah pentingnya pendidikan politik bagi masyarakat," kata Avin. (*)


Topik

Peristiwa money-politik KPU-Kota-Batu


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Agus Muhammad (MG7)

Editor

Redaksi