Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Fokus Pada Keterampilan Tenaga Kerja, Program Disnaker Didominasi Pelatihan

Penulis : Dede Nana - Editor : Heryanto

11 - Apr - 2018, 19:06

Kabid Pelatihan dan Produktivitas Disnaker Kabupaten Malang M Yekti Pracoyo saat menyampaikan pentingnya pelatihan bagi para pencari kerja di Kabupaten Malang (Nana)
Kabid Pelatihan dan Produktivitas Disnaker Kabupaten Malang M Yekti Pracoyo saat menyampaikan pentingnya pelatihan bagi para pencari kerja di Kabupaten Malang (Nana)

MALANGTIMES - Dunia kerja yang semakin kompetitif, membuat siapapun pencari kerja harus memiliki kelebihan khusus untuk terserap dalam industri. 

Terutama bagi para pencari kerja lulusan SMP, SMA atau SMK yang harus bersaing dengan jebolan dari Perguruan Tinggi.

Baca Juga : Bantuan Pangan Non Tunai di Kota Batu Sudah Cair, Berikut Jadwal dan Lokasi Tokonya

Hal ini yang membuat Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Malang semakin memberi porsi peningkatan keterampilan lebih besar dalam program kerjanya tahun ini.

Peningkatan keterampilan,  khususnya bagi para  pencari kerja melalui program pelatihan,  terlihat cukup mendominasi dalam postur APBD Kabupaten Malang di Disnaker tahun 2018 ini.

Hal ini tercatat dalam program peningkatan kualitas dan produktivitas tenaga kerja dengan beberapa sub kerja. Seperti pendidikan dan pelatihan keterampilan bagi pencari kerja,  pelayanan penempatan tenaga kerja dan perluasan kesempatan kerja bagi pencari kerja serta berbagai pembinaan dan  keterampilan kerja bagi tenaga kerja maupun masyarakat. 

M Yekti Pracoyo Kepala Bidang Pelatihan dan Produktivitas Disnaker Kabupaten Malang menyatakan, pihaknya memang memiliki konsentrasi terhadap persoalan tersebut.

"Maka melalui program pelatihan khususnya bagi para pencari kerja, diharapkan tingkat pengangguran di Kabupaten Malang bisa diminimalisir, " ujarnya kepada MalangTIMES. 

Para pencari kerja,  terutama dari lulusan SMP,  SMA/SMK merupakan yang paling rawan dalam persaingan kerja. Selain keterampilan dan kesiapan menghadapi dunia kerja yang belum mumpuni,  mereka pun belum memiliki pengalaman dalam persoalan tersebut. 

Kondisi inilah yang dibaca Disnaker Kabupaten Malang yang memberikan porsi cukup besar untuk menampung para pencari kerja dalam upaya meningkatkan keterampilannya di dunia kerja.

"Dalam waktu dekat ini kita juga sedang menyiapkan pelatihan bagi pelajar SMK yang tidak melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Ini adalah komitmen Pemkab Malang terhadap warganya, " ujar Yekti. 

Baca Juga : Pemprov Jatim Buka Posko Pendampingan Pendaftaran Program Kartu Prakerja di 56 Lokasi

Fokus terhadap para pencari kerja yang notabene berusia muda didasarkan juga pada komposisi sumber daya manusia di Kabupaten Malang yang berusia muda terbilang tinggi.  Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat tahun 2016, usia antara 15-29 tahun mencapai angka 393.137.

"Pencari kerja di tahun yang sama juga didominasi oleh lulusan SMP dan SMA. Total pencari kerja tahun itu sekitar 2.563 orang. Ini yang membuat kita fokus memberikan pelatihan pada mereka di tahun ini, " terang Yekti. 

Harapan Disnaker Kabupaten Malang menguatkan program keterampilan kepada para pencari kerja tersebut adalah menekan angka pengangguran terbuka yang tahun 2015 mencapai 64.034 orang. 

Selain hal tersebut,  program peningkatan keterampilan bagi pencari kerja juga diharapkan bisa menjadi alat untuk masyarakat Kabupaten Malang mendapatkan kehidupan yang sejahtera. Ditunjang dengan tingkat kesempatan kerja yang ada di Kabupaten Malang secara prosentase mencapai angka 95 persen. 

"Dengan berbagai indikator tersebut,  semoga program Disnaker ini bisa menjadi bagian dalam mewujudkan program besar di Kabupaten Malang. Terutama dalam menekan angka kemiskinan yang disebabkan karena pengangguran, " pungkas Yekti. 


Topik

Pemerintahan berita-malang Disnaker-Kabupaten-Malang pelatihan-keterampilan-Disnaker Program-Disnaker


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Dede Nana

Editor

Heryanto