Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Konektivitas Jalan Malang Selatan Dikebut

Penulis : Nana - Editor : Lazuardi Firdaus

10 - Apr - 2018, 13:00

Pembangunan Jembatan Srigonco dan jalan wilayah Bantur sebagai penghubung jalur wisata selatan terus digenjot Dinas PU Bina Marga dalam upaya mengonektifkan jalan wisata (Foto: Nana/ MalangTIMES)
Pembangunan Jembatan Srigonco dan jalan wilayah Bantur sebagai penghubung jalur wisata selatan terus digenjot Dinas PU Bina Marga dalam upaya mengonektifkan jalan wisata (Foto: Nana/ MalangTIMES)

MALANGTIMES - Harapan besar terhadap sektor pariwisata di Kabupaten Malang sebagai alat dongkrak kesejahteraan masyarakat terus dipupuk dan ditindaklanjuti dalam berbagai program kerja pemerintahan di  bawah kepemimpinan Bupati Malang Dr H Rendra Kresna. 

Baca Juga : Turut Terdampak Covid-19, Pembangunan Rest Area Terminal Madyopuro Ditunda

Dari sisi  masyarakat di berbagai wilayah telah tumbuh kesadaran mengenai hal tersebut. Sedangkan di sisi Pemerintah Kabupaten Malang, dalam hal ini Dinas Pekerjaan Umum (PU) Bina Marga, berbagai pembangunan penunjang berupa infrastruktur jalan juga berjalan terus. 

Terutama pembangunan berbagai jalur jalan penunjang pariwisata pantai di wilayah  Malang Selatan yang saat ini masih terbilang tidak memadai fungsinya sebagai lalu lintas wisata. 

"Kita terus menyelesaikan itu dulu (pembangunan alan, red.). Terutama di wilayah Srigonco dengan pembangunan jembatan dan jalannya yang kondisinya paling ekstrem. Jalur tersebut sangat perlu untuk diselesaikan dulu. Tentunya secara bertahap dan berkesinambungan setiap tahunnya," kata Romdhoni Kepala Dinas PU Bina Marga Kabupaten Malang kepada MalangTIMES, Selasa (10/04). 

Kosentrasi pembangunan jalur jalan di wilayah bagian selatan selain telah masuk dalam roadmap PU Bina Marga,  secara geografis juga memiliki jalur-jalur wisata yang saling terkait. Konektivitas jalur jalan wisata yang jadi acuan dan target besar bagi Pemerintah Kabupaten Malang. 

Kadis PU Bina Marga Romdhoni (kanan duduk) bersama Bupati Malang Rendra Kresna dan jajaran OPD Kabupaten Malang (Nana)

Romdhoni melanjutkan, konektivitas jalan wisata menjadi sangat penting dalam mengoptimalkan potensi besar pariwisata di sepanjang wilayah selatan. Baik dari jalur Gondanglegi-Turen-Wajak-Poncokusumo maupun dari jalur Pagelaran-Bantur. Dari wisata pantai sampai tembus ke wisata Bromo Tengger Semeru (BTS). 

Potensi besar wisata yang berserak dan telah menjadi ikon pariwisata di wilayah malang selatan ini,  membutuhkan infrastruktur jalan yang layak secara fungsi dan teknis. "Dengan jalan yang layak serta terhubung dalam satu jaringan akan memaksimalkan pariwisata yang ada. Dampaknya kesejahteraan masyarakat juga akan terangkat," ujar Romdhoni. 

Baca Juga : Pandemi Covid-19, Revitalisasi Pasar Bunulrejo Dibatalkan

Konektivitas jalan wisata di wilayah selatan ini mensyaratkan adanya peningkatan kualitas di berbagai ruas jalan yang telah dipetakan oleh Dinas PU Bina Marga Kabupaten Malang,  yaitu sebanyak 12 ruas dan satu ruas yang kini terus dikebut penyelesaiannya. Berupa jembatan dan jalan di jalur Srigonco,  Bantur. 

"Paling tidak jalan wisata itu memiliki fungsi kolektor. Atau secara umum,  jalan wisata bisa dilewati bus-bus wisata besar dua arah," ucap Romdhoni yang juga menyampaikan fokus pembangunan di wilayah selatan tersebut juga akan berdampak secara langsung pada jalur wisata lain sepanjang wilayah tersebut. 

Wisata Boon Pring, masjid Tiban, rest-area, wisata agro Poncokusumo, akan secara langsung terdampak dengan pembangunan jalan wisata tersebut. "Efek domino ini akan membuat pariwisata semakin optimal," pungkas Romdhoni. 


Topik

Pemerintahan berita-malang Kabupaten-Malang Bupati-Malang Dr-H-Rendra-Kresna Pembangunan-Jembatan-Srigonco


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Nana

Editor

Lazuardi Firdaus