Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Politik Debat Publik Pilkada Kota Malang Putaran Pertama (1)

Jelang Debat: Wanedi-Syamsul Foto Bareng, Sutiaji-Edi Sibuk Diskusi

Penulis : Nurlayla Ratri - Editor : A Yahya

07 - Apr - 2018, 20:06

Cawawali nomor urut 1 Achmad Wanedi dan nomor urut 2 Syamsul Mahmud bersama timses tengah berfoto bersama jelang debat publik. (Foto: Nurlayla Ratri/MalangTIMES)
Cawawali nomor urut 1 Achmad Wanedi dan nomor urut 2 Syamsul Mahmud bersama timses tengah berfoto bersama jelang debat publik. (Foto: Nurlayla Ratri/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Ada pemandangan menarik jelang pelaksanaan Debat Publik Pasangan Calon (Paslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Malang Periode 2018-2023, malam ini (7/4/2018) di Harris Hotel Malang. Yakni persiapan para calon pimpinan Pemerintah Kota (Pemkot) Malang.

Baca Juga : Ini Jawaban Ustaz Yusuf Mansur saat Ditanya Apakah Dukung Anies Baswedan Maju Pilpres 2024

Seperti diketahui, ada tiga pasangan calon (paslon) yang berlaga dalam perebutan tampuk pimpinan Pemerintah Kota Malang. Nomor urut 1 ada pasangan Ya'qud Ananda Gudban - Achmad Wanedi (Menawan), nomor urut 2 ada petahana Moch Anton - Syamsul Mahmud (ASIK), serta nomor urut 3 juga petahana Sutiaji - Sofyan Edi Jarwoko (SAE).

Dua cawali tengah berpekara dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI dan menjalani masa tahanan di Jakarta, yakni Ya'qud Ananda Gudban dan Moch Anton. Keduanya dipastikan tidak hadir. Sehingga, hanya menyisakan wakil-wakilnya untuk berlaga.

Awalnya, paslon tampak serius di kursi masing-masing. Ada yang berbincang dengan tim sukses, ada pula yang terlihat membaca dokumen-dokumen. Pasangan nomor tiga atau SAE terlihat paling seriud berdiskusi. 

Namun, jelang dimake-up, tampak ada pergerakan. Cawawali nomor urut satu Achmad Wanedi tampak melangkah menghampiri blok paslon nomor urut dua, ASIK. Dia lalu menyalami Syamsul Mahmud dan ketua tim pemenangan Arief Wahyudi. Dia juga sempat memeluk akrab Sekjen DPC PKB Kota Malang M Zamroni. 

Bisa jadi, saat momen tersebut kedua cawawali itu saling memberi semangat. Tak hanya itu, dua tim tersebut lantas berfoto bersama Ketua DPD Partai Perindo Kota Malang Laily Fitriyah Liza Min Nelly. Sementara, pasangan SAE tampak asyik berfoto dengan tim sukses (timses) mereka. 

Baca Juga : Dewan Dorong Pemkot Malang Salurkan Bantuan Sembako bagi Warga Terdampak Covid-19

Jelang acara dimulai, para panelis juga menyerahkan amplop berisi pertanyaan yang masih tersegel. Komisioner KPU Kota Malang Ashari Husen Ashari menguraikan ada tiga tema yang diangkat dalam debat pertama ini. Yakni meningkatkan kesejahteraan masyarakat, memajukan daerah, serta meningkatkan pelayanan untuk masyarakat. 

Dia menambahkan, yang akan menjadi panelis dari kalangan akademisi. Yakni dari Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Universitas Brawijaya (UB), Universitas Negeri Malang (UM), Universitas Islam Negeri (UIN) Malang, serta dari Universitas Merdeka (Unmer) Malang. "Akan ada lima segmen, mulai dari penyampaian visi misi, pertanyaan dari panelis, serta saling lempar pertanyaan antar-paslon," ujarnya.

Ketua KPU Kota Malang Zaenudin dalam sambutannya mengungkapkan bahwa debat publik tersebut merupakan bagian dari sosialisasi Pilkada Kota Malang.


Topik

Politik malang berita-malang politik-malang pilwali-kota-malang-2018 debat-publik-pilkada-kota-malang-putaran-pertama


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Nurlayla Ratri

Editor

A Yahya