MALANGTIMES - Pengajian rutin malam Jumat Legi yang selalu digelar di kediaman Wali Kota Malang (nonaktif) Moch. Anton penuh dengan cerita tentang sosok manusia yang sedang menerima cobaan dalam hidup. Hal tersebut tampaknya mengisahkan perjalanan pria yang akrab disapa Abah Anton.

Seperti diketahui, Abah Anton kini sedang ditahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Dia diduga memerintahkan memberikan suap kepada anggota DPRD Kota Malang  untuk memuluskan APBD Perubahan 2015.

Banyak jamaah yang tak mengira Abah Anton terjerat kasus di KPK. Itu karena Abah Anton sangat baik di mata jamaah pengajian.

Kupasan soal cerita Abah Anton disampaikan Ustad Sony Fauzi dalam ceramahnya. Dia banyak mengulik sisi seseorang laki-laki yang mendapatkan cobaan dari Allah SWT. 

"Bayangkan saja seorang nabi, yaitu Nabi Musa, mendapatkan cobaan yang luar biasa dari Allah SWT. Bahkan beliau pernah akan dibunuh," ujarnya. 

Dengan mengenakan jubah cokelat dan peci putih bermotif, Ustad Sony mencoba menguatkan para jamaah yang mayoritas pro-Abah Anton agar tabah dalam menunggu proses hukum yang menimpa pasangan Syamsul Mahmud tersebut. 

"Para jamaah sayang kepada Abah Anton?" tanyanya kepada jamaah. Serentak semua yang mendengarkan ceramah tersebut menjawab sayang. Bahkan di samping panggung ada salah satu jamaah yang terlihat menangis haru. 

Ustad Sony juga menyampaikan bahwa pendukung pasangan ASIK juga harus selalu kuat dan terus maju walaupun sedang tertimpa masalah. "Panjenengan semua tidak boleh patah semangat. Mari doakan sama-sama agar Abah Anton segera terlepas dari segala tuduhan," kata dia. (*)