Pelaku pencurian laptop milik mahasiswa polinema (ist)
Pelaku pencurian laptop milik mahasiswa polinema (ist)

MALANGTIMES - Pelaku pencurian yang sebelumnya mencuri laptop milik mahasiswa Politeknik Negeri Malang (Polinema) pada 29 Maret 2018 lalu saat menunggu dosen di kampus, akhirnya dibekuk tim Resmob Polres Malang Kota pada Senin malam (2/4/2018).

Baca Juga : Keluarkan Surat Edaran, Mulai Besok Bupati Malang Minta Warga Tidak Keluar Rumah

Pelaku diketahui bernama Yuda Eka Gunawan (36) warga Jalan Zainal Zakse gang VI, Kelurahan Jodipan, Kecamatan Blimbing, Kota Malang.

Saat diperiksa, ternyata pelaku sudah sering kali melakukan aksi pencuriannya di kawasan Polinema. Kebanyakan pelaku memang mengincar laptop para mahasiswa. 

Terakhir korbannya adalah M.Wahyu Adi (22) mahasiswa Polinema asal Desa Sumberporong, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang yang harus kehilangan dua laptopnya.

Kasat Reskrim Polres Malang Kota, AKP Ambuka Yudha mengungkapkan, pelaku berhasil ditangkap setelah petugas melakukan penyelidikan dan mengecek rekaman CCTV yang ada di kampus.

Setelah mengetahui ciri-ciri pelaku, petugas selanjutnya menelusuri identitas pelaku sampai diketahui pelaku bernama Yuda. Petugaspun akhirnya langsung bertindak cepat dengan melakukan penangkapan pelaku serta melakukan penggeledahan di rumahnya.

Di rumahnya, petugas berhasil menemukan sejumlah barang bukti yakni empat laptop, satu buah HP dan juga lima tas ransel. Dari beberapa barang bukti tersebut, memang terdapat laptop milik mahasiswa polinema yang sebelumnya dicuri pelaku, yakni laptop Asus dan Axio.

Baca Juga : Polisi Akui Kejahatan Jalanan Kota Malang Meningkat Usai Program Asimilasi

Karena pelaku sudah tidak bisa mengelak lagi, pelaku tanpa perlawanan langsung dibawa ke Polres Malang Kota untuk dimintai keterangan.

"Saat ini petugas masih mendalami dan mengembangkan keterlibatan pelaku dengan aksi yang lain. Untuk pelaku terancam pasal 363 tentang pencurian dengan pemberatan dan terancam hukuman tujuh tahun penjara," bebernya.

Seperti diberitakan sebelumnya, bahwa M Wahyu Adi (22) mahasiswa Polinema kehilangan dua laptopnya yang ditaruh di dekatnya saat menunggu dosen datang. Ketika itu, korban tidak mengetahui kalau laptop miliknya sudah diambil pelaku. 

Korban baru sadar setelah 10 menit kemudian bahwa laptop miliknya hilang. Setelah itu, korbanpun melaporkan kejadian yang menimpanya ke Polres Malang Kota. Tiga hari berselang, akhirnya petugas berhasil menciduk pelaku setelah melakukan penyelidikan