Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Waspada, Kota Batu Potensi Alami Puting Beliung

Penulis : Irsya Richa - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

02 - Apr - 2018, 09:14

foto dokumentasi BatuTIMES
foto dokumentasi BatuTIMES

MALANGTIMES - Memasuki musim peralihan cuaca, masyarakat Kota Batu diminta untuk lebih waspada. Dari pengalaman sebelumnya, saat musim peralihan cuaca, Kota Batu berpotensi kejadian angin puting beliung.

“Saat ini sudah memasuki musim peralihan.  Dan melihat kejadian yang terjadi, Kota Batu ini sudah pernah mengalami kejadian puting beliung,” ungkap Kasi Logistik dan Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu Achmad Choirul Rochim.

Baca Juga : Ditemukan Sepatu, Kaus Kaki, Topi di Dekat Hilangnya Pendaki Gunung di Kota Batu

Ia pun meminta kepada seluruh warga Kota Batu untuk meningkatkan kewaspadaan karena sewaktu-waktu angin puting beliung bisa datang. Menurut Rochim, memang untuk intensitas curah hujan di Kota Batu sudah ada penurunan, namun saat ini harus waspada akan angin puting beliung.

Dari pengalaman sebelumnya, pada tahun 2015-2016 silam Kota Batu pernah dilanda angin puting beliung. Tentunya kejadian seperti ini cukup membuat warga Kota Batu panik. Apalagi beberapa rumah terkena angin puting beliung porak poranda. Peristiwa itu pernah melanda Desa Pesanggrahan dan Kelurahan Ngaglik 

“Untuk mengurangi adanya bencananya, pohon mati yang rawan tumbang akibat angin kencang sudah kami potong di beberapa titik,” imbuhnya.

Ia menambahkan, untuk mengantisipasi kejadian, memang penebangan pohon sudah dilakukan di beberapa titik, terutama di jalan-jalan protokol yang sewaktu-waktu bisa mengganggu arus kendaraan. Antara lain Jl Ir Soekarno, Jl Raya Pendem, Jl Diponegoto, Jl Panglima Sudirman dan sebagainya.

Baca Juga : Lari seperti Kesurupan, Pendaki Hilang di Gunung Buthak Panderman Batu

Adanya angin puting beliung itu didapatkan dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) karena Kota Batu adalah jalur angin. “Selain Kota Batu seperti Karang Ploso, Singosari itu cukup berpotensi terkena angin puting beliung,” jelas Rochim.

Sementara itu, terhitung sejak bulan Januari hingga Maret sudah ada 46 bencana yang terjadi di Kota Batu. Di antaranya tanah longsor, tanah ambles, pohon tumbang. (*)


Topik

Peristiwa Puting-Beliung Kota-Batu BENCANA-ALAM


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Irsya Richa

Editor

Sri Kurnia Mahiruni