Kepala Dinas Perhubungan Kota Malang Kusnadi (tengah) di dampingi operator Area Traffic Control System (ATCS) (foto: Wahida Rahmania Arifah/MalangTIMES)
Kepala Dinas Perhubungan Kota Malang Kusnadi (tengah) di dampingi operator Area Traffic Control System (ATCS) (foto: Wahida Rahmania Arifah/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Dari tahun ke tahun, kepadatan kendaraan di Kota Malang kian menumpuk. Setidaknya ada 13 titik kemacetan yang ada di Kota Malang. Antara lain Jalan Raden Intan, Jalan LA Sucipto, dan kawasan Jalan Ranugrati. 

Kepala Dinas Perhubungan Kota Malang Kusnadi menjelaskan upaya untuk mengatasi kemacetan di Kota Malang dilakukan dengan menggandeng sejumlah pihak. "Kami bersama polisi untuk mengatasi kepadatan kendaraan. Tenaga gabungan ini pada hari Senin, Rabu, Kamis, dan Minggu. Dan tenaga dari Dishub sendiri yang kami terjunkan ada sekitar 170 orang," papar Kusnadi saat ditemui MalangTIMES. 

Pantauan kepadatan arus lalu lintas dilakukan dengan menggunakan sistem area traffic control system atau ATCS. "Sudah cukup lama itu kami pakai sistem pemantauan arus lalu lintas di sejumlah titik. Kami laporkan pantauan arus langsung kerja sama dengan stasiun televisi swasta di Kota Malang. Ada lima presenter yang merupakan tenaga dari Dishub," sambung dia. 

Kusnadi mengatakan, tahun ini pantauan arus lalu lintas melalui ATCS akan diperluas lagi. Rencananya bakal dipasang di kawasan Sarinah dan Sawojajar. Selain itu, akan ada penambahan traffic light di sejumlah titik. 

"Kami terus upaya untuk bisa mengatasi kemacetan. Dan untuk kelancaran arus lalu lintas, kami pasang traffic light baru di sejumlah titik di Kota Malang. Yakni di Sarangan dan Letjen Sutoyo. Traffic light baru ini lebih mutahkir dan otomatis memperkirakan jumlah kendaraan. Jadi, bisa mengatasi penumpukan kendaraan," kata Kusnadi. 

Sementara itu, di Hari Jadi Kota Malang Ke-104, Kusnadi punya harapan besar. Pertama, dia berharap Kota Malang lebih maju dan masyarakat dapat hidup sejahtera. Dan berikut video lengkap harapan kepala Dinas Perhubungan Kota Malang di momen HUT Kota Malang ke-104. (*)