Taman vertikal yang terpasang di dekat rambu-rambu lalu lintas di jalan Jenderal Ahmad Yani, Kecamatan Batu. (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)
Taman vertikal yang terpasang di dekat rambu-rambu lalu lintas di jalan Jenderal Ahmad Yani, Kecamatan Batu. (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)

Tembok yang sering kali penuh dengan gambaran mural, kini bersih. Dinding itu diubah menjadi taman vertikal oleh Dinas Lingkungan Kota Batu. Taman vertikal ini sepertinya di Jl. Jenderal Ahmad Yani.

Sebelumnya tembok itu harus sering dicat karena banyaknya coretan mural. Namun untuk menghindari adanya coretan itu akhirnya DLH Kota Batu memanfaatkan menjadi taman vertikal. 

Tentunya dengan dipasanganya taman vertikal itu mempercantik sudut Kota Batu. Apalagi saat ini Kota Batu masuk dalam penilaian Adipura tahap dua, sehingga berupaya menata kota agar bersih dan indah.

Ya taman vertikal itu terdapat puluhan tanaman. Yang ditata menjadi empat baris dengan beragam jenis tanaman.

Kepala DLH Kota Batu, Arief As Siddiq mengatakan, daripada tembok digambar lebih baik dipasang dengan taman vertikal. Tentunya agar terlihat segar dan enak dipandang mata.

“Kalau dulu kelihatannya kusam, sekarang kan enak dilihat karena ada tanamannya. Ya agar Kota Batu setiap sudutnya sedap dipandang,” ujar Arief, Jumat (30/3/2018).

Ia menambahkan rencananya taman vertikal ini akan dipasang di lima titik di Kota Batu. Lalu rencananya akan memperbanyak penanaman di pinggir jalan di Kota Batu. 

“Sebelumnya kami juga sudah menanam pohon kecrutan. Tentu penanaman pohon ini merupakan langkah awal untuk penghijauan,” imbuhnya.

Menurutnya kedepan DLH Kota Batu akan terus berupaya membuat Kota Batu rindang dan sedap dipandang mata. Dengan menanam beragam jenis pohon yang tentunya mudah dalam perawatannya.

“Tentunya kita akan tanam pohon yang mudah perawatannya di jalan protokol supaya Kota Batu terlihat rindang,” tutup Arief.