Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Tagana Berulah, Bersihkan Rumah Tak Layak Huni di Kota Batu

Penulis : Irsya Richa - Editor : A Yahya

29 - Mar - 2018, 17:04

Tagana bersama masyarakat gotong royong memperbaiki rumah Siti di Dusun Dresel, Desa Oro Oro Ombo, Kecamatan Batu, (29/3/2018). (Foto: Tagana for BatuTIMES)
Tagana bersama masyarakat gotong royong memperbaiki rumah Siti di Dusun Dresel, Desa Oro Oro Ombo, Kecamatan Batu, (29/3/2018). (Foto: Tagana for BatuTIMES)

Rumah milik Siti (80) warga RT 3 RW 10, Dusun Dresel, Desa Oro Oro Ombo, Kecamatan Batu tiba-tiba dibedah, Kamis (29/3/2018). Bukan tanpa alasan,  tapi karena rumah itu memang tak layak huni dan rawan ambruk.

Bedah rumah itu melalui program Tagana Berkiprah, Tuan Berulah (Bantuan Bersih Rumah Layak Huni) oleh Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kota Batu bersama-sama Dinas Sosial Kota Batu. Program itu membantu warga Kota Batu yang tidak tercover program bedah rumah. Seperti rumah milik Siti, yang kondisinya sudah tidak layak untuk ditempati.

Rumahnya terbuat dari bambu yang kondisinya sudah reyot sewaktu-waktu bisa ambruk. Apalagi setiap harinya Siti hidup sendirian. Karena itu sebanyak 30 personel Tagana Kota Batu bersama warga sekitar merobohkan rumahnya. Kemudian dibangun rumah layak huni dan sehat.

Selain tinggal di rumah sendiri, rumahnya itu berdiri diatas tanah milik saudaranya. Yang membuat rumah itu tidak tercover program bedah rumah oleh pemkot Batu.

"Rumah ini  sebelumnya gagal masuk dalam program bedah rumah dikarenakan rumah Siti ini  status tanah rumahnya milik saudara. Sedangkan persyaratan agar bisa masuk bedah rumah Pemkot Batu harus tanah sendiri," ungkap Simon Purwoali, Koordinator Tagana Kota Batu.

Ia menjelaskan selama ini Tagana Kota Batu bergerak dalam bidang sosial kebencanaan. Namun dalam rangka Hari Ulang Tahun Tagana ke-14 menggelar program bedah rumah. Program bedah rumah ini, juga bentuk lain dari upaya  pencegahan terjadinya bencana alam di Kota Batu.

"Dalam rangka bakti sosial dan HUT Tagana ke-14 kami ingin memberikan bantuan yang berbeda dari biasanya dengan bedah rumah ini," jelasnya. 

Selain itu memberikan solusi kepada mereka yang gagal tersentuh program bedah rumah. Seperti Siti, yang setiap harinya harus tidur bersama ayam karena kandang ayamnya berada di dalam rumah.

"Jika selama ini Siti hidup sendiri, usai dibangun rumah yang layak ada yang merawatnya. Nantinya yang merawat Siti juga dibuatkan kamar," kata Simon.

Rencananya program ini tidak terhenti pada rumah Siti, tuan berulah akan siap membersihkan rumah tak layak huni di desa lainnya. "Rencananya kami akan menggelar program ini setiap bulan, kita siap bersihkan rumah yang tidak sehat di Kota Batu," tutupnya.


Topik

Peristiwa berita-batu rumah-tak-layak-huni Taruna-Siaga-Bencana Dinas-Sosial-Kota-Batu


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Irsya Richa

Editor

A Yahya