Joko Susilo (topi hitam) saat memberikan materi latihan kepada tim (official Arema FC)
Joko Susilo (topi hitam) saat memberikan materi latihan kepada tim (official Arema FC)

MALANGTIMES- Liga 1 musim 2018 sebenarnya adalah musim yang sangat ketat bagi tim-tim peserta, karena melihat kondisi materi pemain yang cukup merata di semua klub. Di tengah kondisi ini Joko Susilo justru diizinkan untuk mengikuti kursus kepelatihan Pro AFC yang menuai beberapa pertanyaan.

Akan tetapi ternyata Rahmad Darmawan adalah salah satu alasan yang mendorong manajemen agar pelatih Arema FC itu segera berangkat. 

Baca Juga : Jebolan Persema Punya Target Jalani Musim Kedua di Liga 1 Bersama Arema FC

Sisi pertemanan pelaku sepak bola dengan mantan pelatih yang pernah menukanginya nampak masih hangat. Hal itu dibuktikan saat General Manager Arema FC yang sempat bertemu dengan Rahmad Darmawan dan sedikit mendiskusikan masa depan Joko Susilo sebagai pelatih Singo Edan. 

Loh apakah ini sinyal kepergian Joko Susilo? Ternyata tidak, pertemuan Ruddy Widodo dengan Rahmad Darmawan tersebut memang karena kebetulan. Dan ketika itu pelatih senior tersebut mendorong manajemen agar Joko Susilo segera berangkat kursus, karena kesempatan kedua tidak akan mudah lagi untuk didapatkan. 

Ruddy Widodo menceritakan bahwa PSSI akan mencatatkan sejarah bahwa baru pertama kalinya menggelar lisensi Pro AFC. 

"Coach Rahmad (Darmawan) memberi dorongan kepada saya agar mendukung coach Joko (Susilo) segera mengikuti kursus lisensi Pro AFC. Karena berdasarkan pengalaman dulu ia (Rahmad Darmawan) belum memiliki kesempatan untuk mengikuti lisensi tertinggi se Asia tersebut," ungkap Ruddy Widodo. 

Dan kini, Ruddy Widodo sangat mendukung Joko Susilo untuk mengambil lisensi Pro AFC. Karena suatu saat regulasi akan mengatur setiap pelatih kepala harus memiliki lisensi tertinggi se Asia tersebut. 

Baca Juga : Lama Tak Terlihat, Striker Lama Arema FC Akan Bergabung

"Ini adalah persiapan kami juga untuk kedepannya. Dan juga menjaga regulasi lisensi yang suatu saat akan berubah," ujarnya. 

Sementara itu, Arema FC kini sudah menemukan calon pengganti Joko Susilo ketika menempuh kursus lisensi Pro AFC. "Untuk pelatih kepala pengganti Coach Joko (Susilo) sebelum lawan Persib dipastikan sudah tiba di Malang. Dan untuk namanya kami masih belum bisa angkat bicara," pungkasnya.