Ilustrasi
Ilustrasi

MALANGTIMES - Kesibukan seringkali membuat seseorang lupa olahraga. Bukan lupa, lebih tepatnya mungkin tidak sempat. Nah, Instruktur dan founders freeletics Malang Depri Satriawan punya tips buat Anda yang lama tidak pernah berolahraga dan ingin mulai mencoba olahraga kembali.

Yang pertama harus Anda lakukan adalah memilih olahraga yang ringan. Tapi sebelum memulainya Anda sangat dianjurkan untuk mulai stretching atau peregangan terlebih dahulu.

"Stretching itu kan untuk pemanasan otot supaya otot tidak tegang saat memulai olahraga, supaya anggota badan juga tidak mudah kram,"ujarnya.

Setelah melakukan stretching, Depri menyarankan untuk melakukan pemanasan. Pemanasan bisa dilakukan dengan jalan cepat atau lari kecil di lapangan olahraga atau treadmill selama kurang lebih 5-10 menit.

"Setelah itu supaya tidak kaget bikin tahapan dalam latihannya,  jangan langsung olahraga berat. Contohnya dalam satu bulan mulai di bagi, minggu pertama basic supaya badan mudah menyesuaikan. Yang pasti jangan dipaksa," jelasnya.

Di minggu kedua, bila stamina masih stabil dan kuat baru bisa melakukan penambahan pola latihan dengan beban sedikit lebih berat. Hal tersebut juga terus dilakukan di minggu ke 3 dan ke 4.

Yang terakhir, pria berbadan kekar satu ini menganjurkan agar terus mengonsumsi air putih dan mengurangi minum minuman yang mengandung gula. "Wajib suka sama air putih karena itu bagus untuk membantu latihan kita. Dan jangan lupa istirahat yang cukup," pungkasnya.