MALANGTIMES Sosok Kiai Hasyim Muzadi begitu melekat erat dalam ingatan Calon wali kota H Moch Anton. Calon wali kota nomor urut 2 yang juga hadir dalam peringatan Haul 1 tahun meninggalnya Kiai Hasyim Muzadi, Minggu (18/3) menilai ketokohan pengasuh pondok Al Hikam ini begitu perlu diteladani.

"Kiai Hasyim adalah seorang tokoh besar. Kami sebagai yunior patut mengikuti dan mempelajari bagaimana ketokohan beliau dalam kehidupan sehari-hari,"ungkapnya.

Dimata ayah tiga anak ini, sosok ketua NU pantas menjadi tokoh dunia. Selain kiprahnya dalam menjaga toleransi antar umat beragama di Indonesia ketokohan Kiai Hasyim Muzadi juga begitu dikenal di berbagai kalangan di dunia.

Misalnya saja saat Kiai Hasyim Muzadi diminta untuk datang ke Lebanon untuk turut dalam upaya perdamaian dunia. Tidak hanya itu, Kiai Hasyim Muzadi juga kerap menyebarkan nilai-nilai islam rahmatan lil alamin dalam setiap momen undangan internasional.

"Beliau sebagai ketokohan yang mendunia, saya begitu ingin seperti beliau. Dalam kebijakan di pemerintahan nantinya, semoga bisa saya amalkan dan saya tiru ajaran-ajaran beliau,"pungkas Anton.

Pesan terakhir Kiai Hasyim Muzadi yang begitu diingat oleh Anton yakni pemerintah harus membuat kebijakan yang baik untuk kemaslahatan masyarakat dan umat.