Pasangan SAE, Bung Edi saat mengunjungi Salah satu Warga Blimbing (ist)
Pasangan SAE, Bung Edi saat mengunjungi Salah satu Warga Blimbing (ist)

MALANGTIMES - Bertandang ke kawasan Blimbing, Pasangan SAE berjanji bakal bekerjasama dengan instansi Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan (BPJS) dalam mengatasi permasalahan kesehatan yang dialami warga Kota Malang.

Sutiaji mengungkapkan, bahwa masih banyaknya warga Kota Malang yang belum terdaftar BPJS tersebut akan menjadi masalah tersendiri. Belum terdaftarnya warga tersebut karena banyak faktor, seperti kurangnya informasi maupun tidak memadainya ekonomi dalam membayar premi setiap bulannya.

"Ada sekitar 400 ribu warga yang belum  tercover asuransi BPJS. Maka dari itu, 400 ribu warga tersebut akan kami daftarkan ke BPJS kelas tiga," bebernya (16/3/2018).

Lanjut Sutiaji, dengan pendaftraan tersebut, nantinya mekanisme dalam pembayaran premi atau iuran BPJS akan dibayar oleh pemerintah sehingga masyarakat kurang mampu bisa tetap menerima layanan kesehatan.

"Tidak peduli kaya atau miskin. Tapi nantinya pasti akan didata lagi, untuk siapa warga yang pantas mendapatkan BPJS dan dicover oleh pemerintah," jelasnya

Selain itu, jika pihaknya terpilih, ia juga akan melakukan penyediaan fasilktas-fasilitas kesehatan yang akan tersebar di lima kecamatan di Kota Malang seperti mobil ambulan.

"Ambulan nantinya akan mobile ke kampung-kampung untuk menjemput warga yang sakit dan memerlukan tindakan medis yang darurat," paparnya

Setelah itu, Pasangan SAE berlanjut mendatangi 
salah seorang warga yang sedang sakit di Jalan Borobudur, Blimbing. Yakni Sunarsih penderita stroke dan diabetes, serta Suprihatin penderita kolestrol dan tuna netra.

Kunjungan tersebut cukup memberi kejutan kepada keluarga pasien, karena tidak pernah terlintas dalam hati akan menerima tamu Calon Wali Kota Malang.

Selain itu, kunjungan tersebut juga mendapat banyak perhatian dari warga setempat sehingga mereka melakukan sambutan secara spontan kepada paslon dengan nomor urut tiga ini. 

Warga menyatakan sangat senang dengan program kesehatan SAE yang akan mengcover seluruh penduduk Kota Malang, dan berharap program ini terealisasi. 

“Meskipun tidak ada yang ingin sakit, namun layanan BPJS tetap dibutuhkan jika sewaktu-waktu sakit. Saya bersyukur ada layanan BPJS, sehingga tidak stress mikirin biayanya," tambah Wiwik salah seorang warga Blimbing