Bung Edi saat berkunjung ke sentra keramik Dinoyo (Istimewa)
Bung Edi saat berkunjung ke sentra keramik Dinoyo (Istimewa)

MALANGTIMES - Visi-misi dan program kerja pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Malang, Sutiaji dan Sofyan Edy Jarwoko (SAE) diapresiasi dan mendapat dukungan penuh para pengusaha keramik di sentra pembuatan keramik Dinoyo, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang.

Visi-misi pasangan SAE terkait kesejahteraan masyarakat dianggap menjadi energi baru bagi para pengusaha keramik dalam upaya membangkitkan kembali industri keramik di Kota Malang.

"Program bantuan modal usaha dengan prinsip zero riba dan berprinsip syariah menjadi yang paling ditunggu para pengusaha kecil dalam mengembangkan usahanya. Jika ini terealisasi maka akan sangat akan membantu," ungkap Syamsul salah satu pengusaha keramik di Dinoyo.

Selama ini, para pengusaha keramik di Dinoyo mengalami kendala utama pada permasalahan pemasaran. Seharusnya, keramik Dinoyo bisa merambah pasar lebih luas didukung kualitas keramik yang tak kalah dengan keramik luar negeri seperti China.

Keramik buatan Dinoyo memiliki ciri khas pada corak dan warnanya dengan motif bunga dan daun 
yang dibuat menggunakan bahan pilihan kualitas terbaik seperti tanah liat, porselin atau glastir bahan keramik mentah.

"Keramik dulu pernah mengalami masa kejayaan.Bahkan produknya bisa sampai dikirim ke seluruh Indonesia. Ada juga yang diekspor. Namun masa tersebut tak lama dan kini malah hanya tinggal belasan orang yang bertahan," tambah Edi Sujarwo, pengusaha keramik lain.

Karena itu, pihaknya meminta Pasangan SAE  bisa membantu para pengusaha keramik Dinoyo agar bisa berjaya kembali dan mempunyai pasar yang lebih luas di luar Kota Malang.

"Kami juga berharap, jika nantinya SAE terpilih ada pelatihan untuk meningkatkan keterampilan bagi para pengrajin keramik," pungkas Edi.

Sementara itu, menanggapi saran dan keluhan para pengusaha keramik, Sofyan Edi Jarwoko yang menemui para pengusaha keramik mengungkapkan keinginannya mendirikan sebuah Sentra Pemasaran Holistik yang akan menampung produk kreatif sejak proses produksi, promosi hingga produk siap jual.

“Kita akan membentuk Dewan Ekonomi Kreatif Kota Malang  yang beranggotakan para ahli dan pelaku industri kreatif. Tim ini nanti akan mengkaji dan  merumuskan secara integratif arah, pelaksanaan dan pengawasan pengembangan ekonomi kreatif agar tetap berjalan di atas jalur peraturan yang ada” beber Bung Edi, begitu Calon Wakil Wali Kota Malang itu akrab disapa.

"Produk kerajinan keramik Dinoyo memang memiliki ciri khas dan bisa bersaing di pasar. Maka dari itulah tetap harus dipertahankan selaras dengan karakter Kota Malang," pungkasnya.