foto ilustrasi
foto ilustrasi

BATUTIMES - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batu mendapatkan jatah anggaran sejumlah Rp 126 juta untuk pelaksanaan Pemilihan Gubernur Jatim 2018.

Anggaran itu khusus untuk pengadaan Alat Peraga Kampanye (APK) dan Alat Peraga Sosialisasi (APS) tahun 2018. 

Jumlah APK jenis Baliho ada lima buah. Lalu umbul-umbul berjumlah 30 buah dan terpasanga di masing-masing kecamatan di Kota Batu. Sementara, spanduk ada 24 buah di setiap desa dan kelurahan. 

Lainnya untuk APS jenis baliho ada dua buah. Spanduk 31 buah, dan umbul-umbul 67 buah. Nantinya, APK dan APS akan dipasang di beberapa titik. Antara lain di Songgoriti, Pertigaan Bendo, Perbatasan Malang-Batu, Pertigaan Gunungsari dan Sumberejo, dan Sisi Timur Stadion Brantas.

 "Untuk APK dan APS ini KPU Kota Batu memberi batasan berapa yang bisa dipasang dan tidak boleh melebihi yang sudah ditetapkan,” kata Komisioner KPU Kota Batu Divisi Perencanaan, Keuangan, Logistik dan Urusan Rumah Tangga, Erfanudin.



Ia menambahakn, prosedur lainnya sementara masih akan dikoordinasikan dengan tim kampanye Kota Batu yang telah ditunjuk oleh tim kampanye provinsi.

Sementara itu, Ketua Panwas Kota Batu, Abdurrochman menjelaskan pihaknya juga sudah memberikan peringatan kepada para tim suskses pasangan calon gubernur terkait titik APK dan APS yang boleh dan tidak boleh dipasang. 

Hal tersebut dilakukan dengan menyosialisasikan APK dan APS kepada tim relawan dan tim kampanye sesuai dengan model dan desain yang disahkan KPU.

"Kami mulai menyosialisasikan hari ini dengan mengundang tim kampanye dan tim relawan. Kami juga mengantisipasi adanya APK liar selain yang ditetapkan KPU," ungkap Rochman.