Kelanjutan Pembanguan Rumah Pejuang Veteran Baru Bisa Dilakukan Tahun 2019

Feb 26, 2018 09:39
Delapan unit rumah terletak di Jalan Sultan Hasan Halim, Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu. (Foto: Irsya Richa/ BatuTIMES)
Delapan unit rumah terletak di Jalan Sultan Hasan Halim, Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu. (Foto: Irsya Richa/ BatuTIMES)

MALANGTIMES - Para Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) di Kota Batu rupanya harus bersabar sejenak menunggu sisa pembangunan rumah dari Pemkot Batu. Ya dari total 24 unit rumah yang ditargetkan hingga saat ini masih terealisasi 8 unit.

Mengapa tahun ini tidak bisa terealisasi sisa 16 unit rumah veteran? Sebab untuk tahun 2018 ini tidak ada anggaran untuk pembangunan.

Baca Juga : Jamin Nasib Tenaga Kerja, Disnaker-PMTSP Kota Malang Ajukan Skema Jaring Sosial

"Diketahui memang tahun 2018 kami meminta kepada Pemkot Batu tidak ada pembangunan fisik," ungkap Ketua DPRD Batu, Cahyo Edi Purnomo, Senin (26/2/2018).

Ia menjelaskan meski sisa pembangunan diperkirakan bisa dilanjutkan pada tahun 2019 mendatang, namun harus segera dilakukan tindak-lanjutnya. Supaya saat tidak dipergunakan bangunan baru itu masih terawat sambil menunggu sisa pembangunan selanjutnya.

"Meskipun baru jadi 8 unit rumah, tapi setidaknya harus dilakukan evaluasi. Jangan sampai nanti terbengkalai," imbuhnya. 

Menurutnya pihak Pemkot Batu juga harus melakukan inventarisasi terkait aset bangun yang terletak di Jalan Sultan Hasan Halim, Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu. Kemudian mulai dipetakan terkait siapa yang berhak menempati rumah tersebut. 

Diketahui pembangunan rumah tersebut menelan anggaran Rp 4,3 Miliar. Ukuran rumah untuk pejuang veteran ini ialah 7 meter x 8 meter. 

Baca Juga : Hari Ini, Pemkot Malang Luncurkan Bansos Tahap Awal bagi Warga Terdampak Covid-19

Dari hasil pantauan BatuTIMES desain rumah terlihat modern. Hanya saja akses  jalan menuju rumah itu cukup  sulit. Karena itu' Pemkot Batu juga akan memperbaiki akses jalannya.

Kabid Bina Marga, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR), Alfi Nurhidayat menambahkan, bahwa pihaknya dalam waktu dekat ini akan membenahi akses jalan tersebut. Rencananya jalan itu akan segera dipaving. Apalagi mengingat bahwa rumah itu untuk para veteran yang usianya sudah lanjut.

"Rencananya bulan Maret nanti kami akan mulai memperbaiki akses jalan menuju ke sana. Kasihan nanti kalau aksesnya jelek," ujar Alfi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
berita batu malangLegiun Veteran Republik Indonesia (LVRI)Kota BatuDinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR)

Berita Lainnya

Berita

Terbaru