Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Wisata

Jadi Desa Wisata, Lingkar Selorejo Bakal Suguhkan Keindahan Ini

Penulis : Imam Syafii - Editor : Lazuardi Firdaus

20 - Feb - 2018, 09:27

Salah satu destinasi wisata yang akan dikembangkan Desa Wisata Kaumrejo, Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang. (foto: Kades Kaumrejo for MalangTIMES)
Salah satu destinasi wisata yang akan dikembangkan Desa Wisata Kaumrejo, Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang. (foto: Kades Kaumrejo for MalangTIMES)

MALANGTIMES - Pariwisata Kabupaten Malang bertagline The Heart of East Java bukan isapan jempol belaka. Pemerintah Kabupaten Malang terus mendorong masyarakatnya selalu kreatif, berinovasi dan memunculkan ide baru dalam membangun potensi desa wisata.

Dari 17 desa wisata yang sudah diresmikan Dinas Pariwisata Kabupaten Malang, kini ada beberapa desa wisata mulai bermunculan dengan mengusung tema yamg berbeda dengan desa wisata lainnya. 

Baca Juga : Curhat Pelaku Pariwisata ke Menteri Pariwisata Wishnutama, Seperti Apa ?

Salah satunya Desa Kaumrejo, Kecamatan Ngantang yang memiliki potensi Bendungan Selorejo sebagai ikon wisatanya. Melalui Badan Usaha Milik Desa Bersama (Bumdesa) Ngantang Bersinar dan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) masyarakat sekitar membangun Wisata Lingkar Kawasan Selorejo dalam kurun waktu 2017-2021 kedepan.

Kepala Desa Kaumrejo, Hartono menjelaskan program Desa Wisata Lingkar Kawasan Selorejo sudah digagas bersama Bumdesa Ngantang Bersinar dengan melibatkan empat desa, yakni Kaumrejo, Sumberagung, Mulyorejo, dan Banturejo. 

"Desa Kaumrejo sebagai pusat pengembangan kawasan wisata dan 3 desa lainnya sebagai penyangga atau penunjang kegiatan wisata Lingkar Kawasan Selorejo," ungkap Hartono.

Pariwisata yang akan ditonjolkan Desa Kaumrejo ini yaitu mengusung konsep wisata keindahan alam di sekitar Bendungan Selorejo.

"Jadi kami bangga memiliki Bendungan Selorejo sebagai ikon yang akan menjadi daya tarik wisatawan," kata Hartono kepada MalangTIMES.

Masih kata Hartono Desa Wisata Lingkar Kawasan Selorejo ini akan dibangun beberapa destinasi wisata. Pertama Wisata Blendrang yang berada di Dusun Kauman yang akan menyuguhkan wisata permainan edukasi anak (playground). 

"Jadi di Wisata Blendrang ini khusus area permainan anak-anak (playground) yang terdapat ayunan, seluncuran dan permainan anak lainnya," jelasnya.

Baca Juga : Penutupan Tempat Wisata dan Hiburan di Kota Batu Diperpanjang sampai 21 April

Kemudian, kedua Wisata Bedilan di Dusun Gading. Wisata ini juga mengedukasi wisatawan dengan beragan permainan. Serta terdapat wisata edukasi pengelolaan sampah Kampung Dalang (daur ulang) di Dusun Prabon 2 dengan view Waduk Selorejo.

Ketiga, Dusun Selokurung terdapat wisata kampung kesenian budaya, dengan adanya Makam Pangeran Trunojoyo dan situs-situs sejarah religi dan kesenian kuda lumping.

Disamping itu, masing-masing tiga desa penyangga wisata Lingkar Kawasan Selorejo ini juga menonjolkan potensi wisata diantaranya Desa Sumberagung dengan wisata pertanian hortikultura, perkebunan kopi. Serta Gunung Srege dengan menikmati keindahan view ketika matahari terbit, dan area paralayang.

Lalu, Desa Mulyorejo yang bakal dijadikan wisata Jembatan Naga terbuat dari bambu mengitari area persawahan warga yang dikelilingi panorama alam yang indah. Selain itu juga ada wisata kampung anggrek di Dusun Kaweden.

Kemudian, Desa Banturejo yang menyuguhkan wisata pusat pengembangan seni budaya kuda lumping dan wisata embung.


Topik

Wisata Desa-Wisata destinasi-wisata Lingkar-Selorejo Dinas-Pariwisata-Kabupaten-Malang


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Imam Syafii

Editor

Lazuardi Firdaus