Tahun Ini, Pemkot Batu Larang Pembangunan Hotel Baru

MALANGTIMES - Investor yang ingin mendirikan hotel baru di Kota Batu tahun ini sementara harus menahan diri. Pasalnya, moratorium pembangunan hotel dihentikan Pemkot Batu tahun ini.

Pemkot Batu tidak  memberikan izin apa pun untuk pembangunan hotel baru. Hal tersebut dilakukan untuk mengoptimalkan pembangunan atau hotel yang sudah mengantongi izin di Kota Batu. 

Namun jika di tahun 2018 ada pembangunan hotel, itu merupakan kelanjutan dari pembangunan tahun 2017. "Kami memberlakukan seperti ini dirasa pembangunan hotel  di sini sudah banyak. Apalagi memang tahun 2017 sampai sekarang masih ada pembangunan," ungkap Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso.

Ia menjelaskan tahun 2018 ini sudah ada beberapa permintaan perizinan yang masuk ke Pemkot Batu untuk mendirikan hotel baru. Namun, karena sudah bekomitmen, sehingga tidak akan memberikan izin tersebut. 

"Misalkan ada, sudah pasti itu bangunan nakal yang tidak memiliki izin. Pihak Pemkot Batu memperketat pembangunan di Kota Batu ini karena selain dilihat dari segi tata letak bangunan di Kota Batu, juga dilihat dari segi persaingan," ujarnya, Jumat (16/2/2018).

Moratorium dilakukan Pemkot Batu dalam mempertahankan Kota Batu sebagai kota yang memiliki keindahan alam. Kemudian juga untuk mengantisipasi lahan pertanian agar tidak tergusur.

"Kalau Pmekot Batu tidak bertindak, takutnya hotel menggeliat, selama gak lahan hijau kita untuk pertanian malah habis. Karena itu  dengan cara ini untuk mengurangi pembangunan," imbuh Punjul.

Yang ditakutkan juga jika pembangunan hotel baru terus dilanjutkan, lanjut Punjul,  usaha seperti vila dan homestay akan kalah bersaing. Sebab, saat ini yang perlu diperhatikan juga ialah meningkatkan persaingan. 

"Di sini sudah banyak atau menjamur vila, homestay dan penginapan lainnya. Karena itu, dengan tidak dibukanya pembangun hotel akan berimbas pada penginapan itu," ujar politisi PDIP ini. 

Menurut Punjul, pembangunan yang diberhentikan ini seperti pembangunan hotel, tapi juga pembangunan toko ritel. Hal ini dilakukan untuk mengoptimalkan pembangunan yang sudah ada di Kota Batu.

"Kami antisipasi jangan sampai menjamur, apalagi terus tidak ada izinnya. Seperti sebelumnya untuk toko ritel malah disegel. Itu yang kami hindari. Tahun ini stop pembangunan hotel, toko ritel di Batu," ucap Punjul. (*)

Top